Plt Walkot Bandung: Lonjakan Kasus COVID-19 Terjadi karena Omicron
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Bagikan:

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan lonjakan kasus aktif COVID-19 yang terjadi Februari ini adalah penyebaran dari varian Omicron.

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan dari sejumlah orang terkonfirmasi COVID-19 yang ditindaklanjuti dengan pengetesan Whole Genome Sequencing (WGS), hasilnya 80 persen positif dengan varian Omicron.

"Jadi kita sudah mengambil kesimpulan, bahwa penyebaran COVID-19 di Kota Bandung variannya sudah varian Omicron," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jawa Barat dikutip Antara, Senin, 7 Februari.

Ada pun saat ini di Kota Bandung tercatat ada kasus aktif sebanyak 1.802 orang yang terkonfirmasi COVID-19. Sejak Selasa, 1 Februari hingga saat ini, setiap harinya ada pertambahan kasus lebih dari 100 orang.

Maka dari itu, Plt Walkot Bandung mengimbau kepada masyarakat agar terus berdisiplin menerapkan protokol kesehatan. Paling minimal, kata dia, warga harus berdisiplin dalam penggunaan masker.

Dengan lonjakan kasus tersebut, menurutnya Pemkot Bandung juga bakal kembali menggencarkan pengawasan di pusat-pusat keramaian untuk mengingatkan warga soal penerapan protokol kesehatan.

"Minimal penggunaan masker di tempat-tempat pada saat masyarakat beraktivitas di luar rumah, dan Insyaallah kami menyiapkan masker kalau ternyata ada alasan mereka tidak punya masker," kata Yana.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani mengatakan dari 23 sampel yang dites WGS, 20 sampel merupakan terkonfirmasi Omicron.

"Dari epidemiolog, kita ambil kesimpulannya ya seperti itu, Omicron yang beredar banyak, Itu yang menjelaskan kenapa kasus begitu cepat tinggi," kata Rosye.