Akal Bulus Penyelundup Pil Koplo Dimasukkan ke Tahu Sayur Lodeh
Sayur lodeh isi pil koplo (DOK. Antara/Humas Kemenkumham)

Bagikan:

JAKARTA - Video pil koplo diselundupkan dalam tahu sayur lodeh kembali diperbincangkan warganet. Penyelundup punya akal bulus berupaya mengelabui petugas.

Tapi modus ini berhasil terungkap. Ratusan pil koplo disita petugas dari penjenguk napi di Lapas Mojokerto, Jawa Timur.

Peristiwa ini sebenarnya terjadi pada 11 Januari 2020 lalu. Namun video petugas ‘unboxing’ sayur lodeh dan segala isinya kembali dibagikan warganet. 

Kepala Pengamanan Lapas Mojokerto saat itu, Disri Wulan Agus mengatakan, penemuan ratusan pil koplo itu terjadi saat petugas memeriksa semua barang bawaan pengunjung termasuk makanan yang dititipkan ke napi.

Pil koplo itu dibawa seorang pengunjung berinisial N pada pukul 09.30 WIB, Sabtu, 11 Januari. Pil koplo disembunyikan ke dalam tahu yang diolah dan dimasukkan ke sayur lodeh yang terbungkus kantong plastik.

Makanan ini tak langsung diberikan N ke napi yang dituju berinisial KA, tapi dititipkan ke petugas jaga.

“Namun, N tetap terdata di aplikasi kunjungan kami, karena memang itu salah satu syarat kunjungan Sehingga saat ditemukannya barang terlarang tersebut, saya beserta tim dengan mudah langsung menemukan identitas pengunjung pembawa 400 pil koplo tersebut," kata Disri dikutip Antara.

Dari video yang tersebar di media sosial, petugas tampak membuka kantong plastik sayur lodeh. Salah satu di antaranya membuka tahu. Dan ternyata isinya pil koplo.

“Ini bisa bikin ribut satu penjara kalau makan pil ini,” kata petugas dalam video itu.