PLN Padamkan Listrik di Pancoran hingga Daan Mogot yang Terdampak Banjir
Jakarta terkepung banjir (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Banjir yang mengepung sejumlah wilayah di DKI Jakarta hari ini. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN terpaksa memadamkan sejumlah listrik di wilayah yang terdampak banjir. 

"PLN akan melakukan pemadaman sementara aliran listrik di wilayah yang terdampak banjir demi keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya arus listrik," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Ikhsan Asaad dalam rilis yang diterima, Rabu, 1 Januari.

Ikhsan menjelaskan sejumlah wilayah yang akan mengalami pemadaman listrik sementara berada di lokasi-lokasi terdampak banjir. Kawasan yang akan mengalami pemadaman listrik antara lain, Karet Pasar Baru Barat, Kedoya Utara, Tanjung Duren, Pancoran, Pejaten Timur dan Jati Petamburan. Kemudian Jalan (Jl) Kebon Jeruk Raya, Jl Raya Daan Mogot, Jl Swadarma Raya, Jl Pos Pengumben, Jl Sektor Ciledug dan Jl Bangka Kemang.

Selain itu, adapula perumahan dan komplek yang mengalami pemadaman listrik. Beberapa di antaranya adalah Perum Billy Moon 3 Pondok Kelapa, Perum Taman Bougenville, Perum Pinewood Wibawamukti, Perum Taman Wiana Jatibening dan komplek jati bening. PLN juga sudah memadamkan listrik di 724 gardu pada wilayah tersebut.

"Kami turut prihatin atas musibah ini, kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik," lanjutnya.

Lebih lanjut, Ikhsan mengimbau masyarakat yang wilayahnya mulai tergenang air untuk memadamkan listrik secara mandiri. Pemadaman bisa dilakukan dengan mematikan Meter Circuit Breaker (MCB), serta mencabut peralatan listrik dan elektronik ke tempat aman. 

Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik.

"PLN dan perwakilan warga nantinya akan menandatangani berita acara penormalan aliran listrik bila semua perangkat listrik dari sisi warga maupun PLN sudah sama-sama siap," tambah Ikhsan.

Banjir yang mengepung Ibu Kota (Irvan Meidianto/VOI)

Warga Tersetrum Listrik

Banjir di Jakarta telah memakan korban jiwa. Seorang remaja di Kelurahan Irian, Kecamatan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, meninggal dunia akibat tersetrum listrik di wilayah yang terendam banjir.

"Korban meninggal akibat tersengat listrik atas nama Arvico Alif Ardana," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya.

Yusri melanjutkan, saksi ke TKP dan sesampainya di TKP korban sudah terlihat tidak sadarkan diri. Korban diduga sudah meninggal dunia akibat tersetrum aliran listrik dari tiang listrik di TKP, selanjutnya melaporkan ke pihak Polsek Kemayoran.

Sejumlah wilayah DKI Jakarta tergenang air dan banjir sejak Selasa (31/12) malam kemarin. Kurang lebih sejak pukul 16.00 Selasa kemarin hujan mengguyur Jakarta tanpa henti sampai saat ini.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memadamkan listrik di sejumlah wilayah DKI Jakarta yang terdampak banjir. Hingga pukul 09:30 WIB PLN telah memadamkan listrik di 724 wilayah DKI Jakarta.