Gantikan Susi Air, Hanggar di Bandara Malinau Bakal Ditempati Smart Avitation
Ilustrasi /Pesawat maskapai Susi Air

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai Smart Avitation dari PT Smart Cakrawala akan menempati hanggar di Bandara Kolonel RA Bessing Malinau, Kalimantan Utara, yang dulunya ditempati Susi Air.

Kabar ini dibenarkan oleh CEO Smart Avitation, Pongky Majaya saat dihubungi VOI.

"Iya (akan menempati hanggar bekas Susi Air, red)," kata Pongky melalui pesan singkat, Sabtu, 5 Februari.

Melengkapi pernyataan Pongky, Executive Staff for BoD Smart Avitation, Jois Christine Gautama mengatakan mereka sudah mendapatkan izin untuk menempati hanggar tersebut sejak akhir Desember 2021. Sedangkan pengajuan izin sudah dilakukan sekitar September-Oktober tahun yang sama.

"Untuk pengajuan sudah sejak bulan September-Oktober 2021 tapi baru diterima akhir Desember," ujar Jois.

Setelah mendapat izin sewa, Smart Avitation harusnya mulai menempati hanggar di Bandara Malinau itu pada 1 Januari lalu.

Namun, hal ini urung dilakukan karena barang milik penghuni lama yaitu Susi Air. Sehingga, mereka terpaksa menunggu sebelum menempati hanggar tersebut.

"(Harusnya mulai menempati, red) per 1 Januari 2022," ungkapnya.

"Kami sih ingin menempati hanggar secepatnya ya pasti. Tapi karena satu dan lain hal serta masih ada barang milik penghuni lama yang pasti akan jadi kendala penempatan kami maka tidak sesuai keinginan," imbuh Jois.

Sebagai informasi, PT Smart Cakrawala Avitation merupakan perusahaan jasa angkutan niaga tak berjadwal. Dikutip dari situs mereka, perusahaan ini didirikan pada akhir 2016.

Maskapai penerbangan ini memiliki dan mengoperasikan 11 pesawat Cessna Caravan 208/208B, satu helikopter Airbus H 130 T2 dan dua pesawat Pilatus PC 6 Porter.

Selain itu, pada tahun ini Smart Avitation menambah armadanya yaitu 3 Pilatus PC6 Porter tahun 2022, 4 Cessna Caravan 208B, dan berencana membeli Cessna 408 SkyCourier bermesin ganda. Adapun pengoperasian pesawat dilakukan di bandara swasta di Singkawang, Kalimantan Barat.