Wali Kota Padang Mahyeldi Daftar Pilgub Sumbar
Mahyeldi-Audy Joinaldy/Foto Antara

Bagikan:

PADANG - Pasangan bakal calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi-Audy Joinaldy menjadi kandidat pertama yang mendaftar ke KPU Sumbar. Keduanya diusung PKS dan PPP.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan corak songket Pandai Sikek dipadankan celana panjang hitam, Mahyeldi-Audy  mendatangi kantor KPU Sumbar, Jumat, 4 September.

"Alhamdulillah pada hari ini kami menjadi pendaftar yang pertama, semua berkas sudah lengkap dan diterima KPU Sumbar," kata Mahyeldi yang juga Wali Kota Padang ini, dikutip Antara.

Mahyeldi mengaku memilih mendaftar pada hari pertama karena semua berkas sudah lengkap. Selain itu, hari Jumat dianggap penuh berkah.

Sementara itu, bakal calon Gubernur Sumbar Audy mengatakan, tahapan selanjutnya yang harus diikuti yakni tes kesehatan. KPU menjadwalkan tes kesehatan calon pada 7-10 September.

"Buat saya pribadi ini merupakan pengalaman pertama mendaftar ke KPU dengan sistem yang baru yaitu protokol kesehatan," ujarnya.

Mahyeldi merupakan politisi PKS yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Padang 2009-2014. Pada 2014 ia memenangkan Pilkada Padang dan terpilih sebagai Wali Kota bersama Emzalmi. Selanjutnya pada 2018, dia kembali memenangkan pilkada Padang bersama Hendri Septa.

Sementara Audy Joinaldy merupakan pengusaha bidang perunggasan yang mengembangkan usahanya di Indonesia bagian timur.

Sementara itu, Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan sampai saat ini berdasarkan informasi “help desk” KPU Sumbar, ada tiga pasangan calon lainnya yang bakal mendaftar.

Tiga pasang calon tersebut yaitu Nasrul Abit-Indra Catri, Mulyadi-Ali Mukhni dan Fakhrizal-Genius Umar.

Saat pendaftaran dilakukan dengan protokol kesehatan yaitu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Semua pasangan calon yang hadir juga harus bebas dari COVID-19 ditunjukan dengan surat keterangan yang berwenang.