Rekayasa Lalu Lintas untuk Warga yang Tahun Baruan di Kota Tua
Kawasan Kota Tua (Instagram @kotatuajakarta.id)

Bagikan:

JAKARTA - Kawasan Kota Tua masih jadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk merayakan Tahun Baru 2020. Mengingat, kawasan museum ini akan buka hingga Rabu, 1 Januari 2020 dini hari untuk memfasilitasi warganya menyambut malam pergantian tahun.

Mengingat kemungkinan padatnya masyarakat menuju Kota Tua, Satlantas wilayah Jakarta Barat melakukan rekayasa arus lalu lintas di Jakarta Barat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar kawasan tersebut. 

"Untuk waktu pemberlakuan rekayasa lalu lintas itu tentatif, soalnya melihat situasi dan kondisi yang ada di lapangan," kata Hari kepada wartawan, Selasa, 31 Desember. 

Rekayasanya, kendaraan dari arah Jalan Jembatan Batu menuju Traffic Light (TL) Asemka dibelokkan ke kiri menuju Jalan Pangeran Jayakarta arah Jalan Gunung Sahari.

Kendaraan dari arah Jalan Pinangsia Timur dan Jalan Pinangsia Raya menuju Kota Tua di TL Asemka dibelokkan ke kiri menuju Jalan Hayam Wuruk arah Harmoni.

Sementara arus lalu lintas dari arah Jalan Gajah Mada menuju Kota Tua di TL Asemka dibelokkan ke kiri menuju flyover.

Kemudian arus lalu lintas dari arah Jalan Mangga Besar Raya menuju TL Olimo diputarbalikkan kembali di putaran Mangga Besar. Arus lalu lintas dari arah Jalan Pintu Kecil menuju Jalan Kali Besar Barat di putaran Pintu Kecil dibelokkan ke kiri menuju Jalan Roa Malaka-Jalan Bandengan.

Adapun arus lalu lintas dari arah Jalan Ekor Kuning menuju Jalan Kunir dibelokkan ke kanan menuju Jalan Kopi. Arus lalu lintas dari arah Jalan Cengkeh belok kiri Jalan Kunir kemudian diluruskan ke arah Jalan Kampung Bandan.

Arus lalu lintas yang dari Jalan Pangeran Tubagus Angke menuju Jembatan Lima dibelokkan ke kanan menuju Jalan KH Moh Mansur atau di putarbalikkan menuju Jalan Pangeran Tubagus Angke arah Jembatan Dua.

Sedangkan arus lalu lintas yang dari Jalan KH Moh Mansur menuju flyover Pasar Pagi arah Kota atau Jalan Perniagaan Raya arah Pasar Pagi dibelokkan ke kiri menuju Jalan Pangeran Tubagus Angke arah Jembatan Dua.

Arus lalu lintas dari Jalan Perniagaan Raya menuju flyover Pasar Pagi arah Kota diluruskan menuju Jalan Pangeran Tubagus Angke arah Jembatan Dua atau di belokkan ke kiri menuju Jalan KH Moh Mansur.