Kasus Omicron Ditemukan di Pekanbaru, Dinkes Melacak Kontak Erat
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

PEKANBARU - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinas) Provinsi Riau Masrul Kasmy meminta masyarakat tidak panik meski COVID-19 varian Omicron telah masuk di wilayahnya dengan ditemukan satu kasus pada seorang warga Kota Pekanbaru.

"Tentu untuk memutus mata rantai penyebarannya kita lakukan tracing dan testing. Kita belum tau persis di mana tinggalnya dan kita serahkan Pemko untuk melacaknya. Masyarakat jangan panik atas temuan ini, yang terpenting sama-sama menjaga protokol kesehatan," ujar Masrul Kasmy dikutip Antara, Minggu, 30 Januari.

Setelah dilakukan pelacakan terhadap warga Pekanbaru tersebut, selanjutnya dilakukan penelusuran dan testing bagi setiap orang yang berada dekat dengan pasien tersebut.

Masrul mengemukakan virus Omicron sudah memasuki Kota Pekanbaru, melalui seseorang dengan inisial Em yang baru melakukan perjalanan dari Kota Batam, Kepulauan Riau.

Salah seorang warga Pekanbaru yang terdeteksi terkonfirmasi varian baru virus COVID-19 Omicron itu sebelumnya telah di-swab dan hasil pemeriksaan laboratorium di Batam pada Sabtu, 29 Januari, terkonfirmasi positif.

"Ya ada seorang warga Riau, ber-KTP Pekanbaru terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron. Warga Pekanbaru ini pemeriksaannya di Batam, dan sekarang sudah di Pekanbaru," katanya.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga telah menerima surat dari Batam dan diteruskan ke Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). 

"Untuk itulah kita minta Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru untuk melacak keberadaan warga Pekanbaru yang terdeteksi Omicron," katanya.