Uji Coba Penutupan Pintu Perlintasan KA Sebidang di Bungur Kemayoran: Warga Tanya Dampak, Petugas Belum Bisa Jawab
Ilustrasi jalur kereta/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT KAI akan menutup pintu perlintasan kereta api (KA) sebidang di Jalan Bungur 17, Kemayoran, Jakarta Pusat pada bulan Maret mendatang. Penutupan tersebut dilakukan lantaran adanya pengembangan di Stasiun Manggarai sehingga volume perjalanan kereta api bertambah.

Namun, sebelum penutupan resmi dilakukan, PT KAI akan melakukan uji coba terlebih dahulu.

"Dari Kementerian Direktorat Perkeretaapian mau melakukan uji coba penutupan di pintu perlintasan kereta, itu baru uji coba bukan ditutup, yang akan dilakukan 1 Februari," kata Asisten Perekonomian Pembangunan (Asekbang) Jakpus, Bakwan Ferizan Ginting saat dihubungi wartawan, Rabu 26 Januari.

Ginting mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Dari sosialisasi tersebut banyak masyarakat yang bertanya dampak dari penutupan tersebut.

"Kemarin sosialisasi ke masyarakat sebenarnya pasti mereka mempertanyakan seperti apa dampaknya, tapi ini kan belum bisa kita katakan secara jelas akan seperti apa. Ini nanti diuji coba dulu, seperti apa dampak yang terjadi sehingga dicarikan alternatifnya," katanya.

Selama uji coba tersebut, Ginting mengatakan akan ada evaluasi setiap minggu. Hal itu untuk mengetahui dampak seperti apa saja yang akan terjadi jika benar-benar sudah ditutup.

"Setelah diuji coba ini akan dievaluasi per Minggu, seperti apa dampaknya. Kalau seumpamanya untuk orang, motor atau sepeda mungkin masih bisa lewat dulu, kecuali kendaraan mobil itu nanti dialihkan sesuai dengan jalur alternatif yang dibuatkan," ujarnya.