Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) memperkenalkan logo baru. Kemunculan logo ini sekaligus mengganti logo lama yang sudah digunakan sejak 2005 lalu ketika jabatan Menteri Pertahanan diduduki Juwono Sudarsono.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan perubahan logo ini sudah diumumkan sejak Kamis, 20 Januari kemarin saat pelaksanaan Rapat Pimpinan di Kementerian Pertahanan.

"Secara resmi diumumkan perubahan logo oleh Menteri Pertahanan RI," kata Dahnil dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 21 Januari.

Dari gambar yang beredar, logo yang resmi digunakan Kemenhan itu berbentuk bulat dengan lingkar emas dan memiliki warna dasar merah tua. Di dalam logo itu juga terdapat gambar Garuda Pancasila yang dilingkari rantai emas. 

"(Logo baru, red) melambangkan pertahanan negara yang kuat dan tangguh dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia yang dilandasi oleh persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempertahankan kejayaan NKRI," ungkapnya.

Logo baru Kemhan itu juga telah dipublikasikan oleh Wakil Menteri Pertahanan Herindra di akun Instagram resminya @herindra87. Melalui fitur Instagram Story, dia mengunggah logo baru tersebut dan membandingkannya dengan logo lama.