Wapres Ma'ruf Amin Beri Bantuan untuk Korban Gempa Banten
Wapres Ma'ruf Amin di Banten/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan bantuan berupa paket sembilan bahan pokok (sembako) dan paket peralatan sekolah bagi masyarakat korban gempa bumi di Banten.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin saat meninjau lokasi terdampak bencana gempa bumi di Desa Munjul, Kampung Cibeulah, Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Yang sabar ya semuanya, lagi dipikirkan oleh Pemerintah. Terus (sekolah) ya, walaupun habis (terkena) musibah. Sekolah jangan malas ya," kata Wapres kepada masyarakat dan anak-anak berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Wapres (Setwapres) yang dikutip Antara, Kamis, 20 Januari.

Sebanyak 1.000 paket sembako dan 500 paket peralatan sekolah diberikan secara simbolis oleh Wapres kepada 10 warga korban bencana. Wapres juga menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat setempat terkait kondisi pascabencana akibat gempa bumi bermagnitudo 6,6 pada Jumat, 14 Januari.

Salah satu warga bernama Ine Supartini merupakan salah satu korban yang rumahnya rusak akibat gempa bumi. Ine mengatakan Pemerintah telah bertindak cukup cepat dalam membantu warga terdampak gempa Banten.

"Kebetulan saat gempa terjadi, Kemensos (Kementerian Sosial) langsung datang ke sini, tidak menunggu lama, untuk mendirikan tenda," ungkap Ine.


Dia juga berharap oemerintah dapat membantu dia dan masyarakat sekitar untuk membangun kembali tempat tinggal mereka yang rusak akibat gempa bumi.

"(Kami) Ingin rumah ini dibangun kembali untuk tidur, karena sementara ini kami tidur masih di tenda atau di rumah tetangga," ujar Ine.

Turut mendampingi Wapres dalam kunjungan tersebut yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Bupati Pandeglang Irna Narulita.