Pemerintah Terapkan Sistem <i>Bubble</i> untuk Peserta MotoGP Mandalika
DOK ANTARA/ILUSTRASI

Bagikan:

JAKARTA  - Pemerintah menyediakan koridor khusus yang disebut sebagai sistem bubble bagi peserta ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 20 Maret 2022.

"Lomba itu diselenggarakan di Mandalika Lombok, akan dilakukan sistem bubble khusus di Lombok," kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto dikutip Antara, Senin, 17 Januari.

Dia mengatakan sistem bubble atau gelembung perjalanan merupakan koridor khusus yang dibentuk berdasarkan kesepakatan bersama antarnegara yang telah melakukan pengendalian pandemi COVID-19 secara optimal.

"Jadi, orang yang datang itu tidak akan ke mana-mana. Dia datang ke bandara, masuk ke hotel, nonton MotoGP, balik ke hotel, pergi ke bandara lagi, jadi tidak ada interaksi dengan masyarakat lain," katanya.

Dia menambahkan sistem bubble dibuat untuk meyakinkan para pelaku perjalanan luar negeri destinasi yang dituju aman dari penularan COVID-19. "Sistem bubble ini supaya orang-orang sudah yakin betul bahwa mereka aman dari COVID-19," ujarnya.

Satgas Penanganan COVID-19 juga meminta para pelaku perjalanan menuju Mandalika untuk membawa sertifikasi vaksinasi atau dokumentasi yang sudah dilakukan sebelumnya serta melakukan PCR.

Suharyanto berharap sistem bubble dapat menambah keyakinan peserta maupun wisatawan MotoGP Mandalika seluruh aktivitas bisa terhindar dari risiko penularan COVID-19.

"Kami juga memperketat pengawasan pelaksanaan kegiatan untuk memastikan seluruhnya berjalan sesuai protokol kesehatan yang berlaku," ujarnya.