Banyak Fasilitas Umum Termasuk 20 Sekolah Rusak Akibat Banjir, Wawali Jayapura Sebut Kerugian Sentuh Rp50 Miliar
Tim Tanggap Darurat Bencana Alam yang juga Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru. (ANTARA)

Bagikan:

JAYAPURA - Kerugian akibat bencana alam banjir dan longsor yang terjadi di Jayapura, Kamis pekan lalu mencapai Rp50 miliar.

"Jumlah itu kemungkinan akan bertambah karena petugas masih terus melakukan pendataan dan perhitungan, jelas Ketua Tim Tanggap Darurat Bencana Alam Kota Jayapura Rustan Saru dilansir dari Antara, Kamis, 13 Januari.

Belum tuntasnya perhitungan kerugian karena petugas di lapangan lebih mengutamakan penanganan terhadap warga yang tertimpa musibah.

"Alhamdulillah saat ini air sudah surut sehingga mempermudah pembersihan, " kata Rustan Satu.

Lebih lanjut Rustam menambahkan, besarnya kerugian karena banyak fasilitas umum yang rusak termasuk 20 unit sekolah. Sedangkan warga yang terdampak tercatat 19.327 orang. 

Jumlah warga terdampak ini diperkirakan masih bertambah karena pendataan belum selesai.

Wakil Wali Kota (Wawali) Jayapura ini mengatakan, untuk membantu warga yang tertimpa musibah banjir di jadwalkan Sabtu pekan ini dilaksanakan kerja bakti di kawasan Organda, Distrik Heram.

Pada Senin lalu juga sudah dilakukan kerja bakti di beberapa lokasi kecuali Organda karena saat itu masih tergenang. Warga yang terdampak saat ini masih mengungsi di GOR Trikora dan Diklat Sosial di Distrik Abepura.