Hujan Lebat Disertai Petir Diprakirakan Terjadi di Sejumlah Daerah Sumatera Selatan
Arsip Foto - Pengendara melintas di Jembatan Musi IV saat awan hitam yang menyelimuti langit Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir di sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Selatan pada Senin, 10 Januari.

Berdasarkan BMKG, pada pagi hari hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir berpeluang terjadi di Musi Rawas, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Muara Enim, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Palembang, dan Prabumulih.

Sedangkan, daerah OKU, OKU Selatan, Lahat, Pagaralam, Lubuk Linggau, Empat Lawang, dan Musi Rawas Utara diprakirakan mengalami hujan ringan pada pagi hari.

Pada siang hingga sore hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir berpotensi terjadi di OKU, OKU Selatan, OKU Timur, OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang, Lahat, Pagar Alam, dan Muara Enim.

Daerah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, dan Empat Lawang diprakirakan mengalami hujan ringan pada siang hingga sore hari.

Pada malam hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir diprakirakan mengguyur daerah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Empat Lawang, Lahat, Pagaralam, PALI, Muara Enim, OKU, OKU Selatan, dan OKU Timur.

Hujan ringan diprakirakan turun di Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Prabumulih, dan Palembang pada malam hari.

Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Desindra Deddy Kurniawan mengimbau warga Sumatera Selatan mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang mungkin terjadi selama musim penghujan seperti angin kencang dan hujan deras.

Puncak musim penghujan di wilayah Sumatera Selatan diprakirakan terjadi pada Februari sampai Maret 2022. Demikian dilansir Antara