Warga Pesisir Selatan Sumbar Cari Air dari Sumur, yang Keluar Gas dan Api
Tangkapan layar video sumur yang mengeluarkan gas dan api di Pesisir Selatan Sumbar (Istimewa)

Bagikan:

PADANG - Warga Nagari Sungai Tunu, Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) dikejutkan dengan sumur air yang mengeluarkan gas dan api.

Video tentang keberadaan sumur itu awalnya diunggah akun Facebook anggota DPRD Pessel Norvermal Yuska. Dia mengaku mendapat kiriman video dari warga setempat.

"Pengeboran sumur air bersih di Kampung Ampalu, nagari Sungai Tunu, kecamatan Ranah Pesisir bikin heboh masyarakat setempat. Selain air, lubang sumur tersebut juga mengeluarkan gas , dan memicu percikan api," tulisnya dalam postingan itu.

Dalam video tersebut, tampak sejumlah orang sedang berada di lokasi sumur bor. Salah seorang di antara mereka menaruh daun di atas permukaan sumur yang kemudian langsung terbakar. 

"Yang dicari air bersih, keluar air asin, keluar api. Hebat," kata salah seorang dalam video itu.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas ESDM Sumbar, Heri Martinus membenarkan adanya kejadian itu. Pihaknya kini sedang mempelajari penyebab semburan gas dan api dari sumur tersebut

"Iya jadi saya baru dapat kabar pukul 11.00 WIB. Kan tentu kita harus pelajari dulu," kata Heri saat dihubungi, Senin, 24 Agustus. 

Heri mengaku sudah menugaskan tim untuk menelusuri kejadian itu. Tim dari Dinas ESDM itu akan mendatangi lokasi sumur bor dalam dua hari ke depan.

"Paling-paling kita lihat besok atau lusa. Cuma saya minta mereka pelajari dulu, siapa yang ngebornya, di mana lokasinya," ujar Heri.