Polres Sukabumi Ingatkan Wisatawan Termasuk Warga untuk Mengaktifkan PeduliLindungi
Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah smenyematkan pita pada petugas Dishub Kabupaten Sukabumi, Jabar (ANTARA)

Bagikan:

SUKABUMI - Polres Sukabumi mengingatkan wisatawan yang hendak menuju atau sudah berada di objek wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi di masing-masing telepon selulernya.

"Salah satu syarat wisatawan datang ke objek wisata yakni harus bisa menunjukkan bukti bahwa dirinya sudah menjalani vaksinasi COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah di Sukabumi, Antara, Selasa, 28 Desember.

Menurut Dedy, pihaknya pun sudah menyiagakan personel gabungan dari unsur TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi di setiap pintu masuk menuju objek wisata untuk meminta wisatawan bisa menunjukkan aplikasi PeduliLindungi dengan memindai barcode yang disiapkan.

Jika diketemukan adanya wisatawan yang belum menjalani vaksinasi maka, petugas akan mengarahkannya menuju gerai vaksin yang disediakan Polres Sukabumi untuk menjalani vaksinasi.

Selain itu dalam proses vaksinasi, pihaknya menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan setiap peserta yang hendak menjalani suntik vaksin COVID-19.

Lanjut dia, pihaknya pun mengerahkan personel untuk melakukan penyisiran ke sejumlah titik untuk bertanya kepada wisatawan maupun masyarakat yang tengah beraktivitas di sekitar objek wisata, apakah sudah menjalani vaksinasi atau belum.

"Dalam upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19 khususnya di sekitar objek wisata, kami pun melakukan pemeriksaan cepat kepada pengunjung dan jika nantinya ditemukan ada yang terpapar. kami langsung berkoordinasi dengan petugas kesehatan untuk ditangani lebih lanjut seperti mengisolasi orang yang terkonfirmasi positif ke rumah sakit terdekat," tambahnya.

Dedy mengatakan petugas yang dikerahkan di objek wisata maupun tempat keramaian lainnya, selain melakukan penyisiran terhadap wisatawan yang belum menjalani vaksinasi, juga memberikan imbauan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan serta membagikan masker.

Upaya yang dilakukan Polres Sukabumi ini selain untuk membantu pemerintah dalam program pemberian vaksin kepada masyarakat, juga untuk mempercepat pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity). Sebab, salah satu cara yang paling efektif untuk menekan angka penularan virus mematikan ini salah satunya dengan vaksinasi.