Masjid Istiqlal Sediakan Parkir Jemaat Misa Natal, Humas Katedral: Persaudaraan Semakin Erat
Foto (Diah Ayu Wardhani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pengelola Masjid Istiqlal memperbolehkan jemaat misa Natal Katedral Jakarta untuk menggunakan lahan parkirnya, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Humas Keuskupan Agung Katedral Jakarta, Susyana Suwadie mengaku pihaknya berterima kasih atas kesediaan pengelola masjid yang terletak persis di depan gerejanya.

"Jadi lokasi kami yang berdampingan ini sangat membantu dan kami mengucapkan terima kasih banyak kepada imam besar dan seluruh jajaran pengurus badan pengelola Masjid Istiqlal karena begitu sangat mendukung," ucap Susy saat ditemui di Katedral, Sabtu, 25 Desember.

Susy mengaku dengan adanya lahan parkir yang baru direnovasi di Istiqlal mempermudah jemaat Katedral untuk beribadah. Hal ini juga menggambarkan bahwa kerukunan antarumat beragama semakin erat.

"Setelah istiqlal selesai direvonasi, kami kembali diberikan izin untuk menggunakan parkir sehingga mempermudah umat karena cukup dekat. Itu mendukung tema tahun ini dimana persaudaraan semakin erat, yang terjalin antara kami," jelasnya.

Katedral mewajibkan jemaat yang hadir untuk melakukan registrasi secara daring sebelumnya. Katedral juga menyediakan tayangan secara online pada Youtube Komsos Katedral Jakarta.

Sementara itu, saat perayaan Natal pada 25 Desember 2021, misa diadakan sebanyak tiga kali, yakni Misa Pontifikal oleh Uskup pada pukul 09.00 WIB yang disiarkan secara daring dan oleh TVRI, serta secara tatap muka.

Kemudian, misa kedua pukul 11.00 WIB untuk daring saja dan terakhir pukul 17.00 WIB dengan tatap muka dan daring.

Pada perayaan Natal tahun ini, Katedral mengangkat tema "Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan".

Adapun ibadah misa Malam Natal dan Natal secara tatap muka di Katedral dibatasi hanya untuk 650 umat atau sebanyak 40 persen dari kapasitas gereja.