Ucapkan Selamat ke Gus Yahya, Airlangga: NU Akan Kawal Kehidupan Normal Baru
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hatarto (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, turut memberi ucapan selamat atas terpilihnya Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung.

Airlangga mengaku sudah berbicara langsung dengan KH Yahya sebelum salat Jumat.

"Selamat kepada KH Yahya Staquf dan terima kasih kepada KH Said Agil Siradj yang telah memimpin NU selama 2 periode," ujar Airlangga dalam keterangannya, Jumat, 24 Desember. 

Ketua Umum Partai Golkar itu mengapresiasi penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU yang berjalan lancar dan demokratis hingga pemilihan Rais Akan dan Ketum PBNU selesai.

Airlangga berharap, NU dapat mengawal transformasi pengembangan kehidupan masyarakat di era digital dan transisi normal baru dari pandemi.

"Ke depan kepemimpinan NU juga akan mengawal transformasi perkembangan kehidupan masyarakat di era digital dan transisi normal baru dari pandemi ke endemi," kata Airlangga.

Sebagai informasi, Muktamar ke-34 NU yang berlangsung di Lampung sempat mendapat perdebatan soal jadwal lantaran kondisi pandemi COVID-19.

Namun setelah berbagai pertimbangan, akhirnya Muktamar NU digelar pada 22 sampai 24 Desember 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat.

Diketahui, Yahya Cholil Staquf resmi terpilih menjadi ketua umum PBNU 2021-2026. Yahya Staquf mengalahkan petahana yakni Said Aqil Siroj.

Pemilihan calon ketua umum digelar di GSG Universitas Lampung, Jumat, 24 Desember. Penghitungan suara digelar secara terbuka dan disiarkan secara virtual.

Yahya Staquf resmi menjadi Ketum PBNU setelah menang di dua tahapan penghitungan suara. Di tahap pemilihan bacalon ketum, Yahya Staquf unggul dengan suara sebanyak 327.

Perolehan suara Yahya Staquf juga unggul cukup telak di tahap pemilihan caketum PBNU. Yahya Staquf meraih suara 337, sementara Said Aqil 210 suara.