Giliran Pro Jokowi Deklarasikan KITA, Tandingan KAMI?
Deklarasi KITA yang digagas pro Jokowi

Bagikan:

JAKARTA - Setelah ramai deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang digagas Din Syamsuddin dkk, kini pro Joko Widodo (Jokowi) mengusung gerakan baru. Gerakan ini dinamai Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA).

"KITA bergerak dalam politik kesadaran yang berusaha membangun masyarakat-yang-terbayang (imagined community) Indonesia yang kreatif dan berkelanjutan,” ujar Koordinator KITA, Maman Imanulhaq, dalam keterangan tertulis, Kamis, 20 Agustus. 

Maman yang juga eks Direktur Relawan TKN Jokowi-Amin ini menyebut KITA adalah koalisi independen yang mengembangkan serta melestarikan Tanah Air Indonesia sebagai identitas dan masa depan bersama. 

Dia menepis KITA dideklarasikan sebagai tandingan KAMI. Menurutnya KITA dibentuk sebagai politik kesadaran kebersamaan Indonesia. 

"Kita hormati para tokoh yang mendeklarasikan KAMI. Tapi pembelahan opini di saat kita butuh bekerja sama menghadapi pandemi, jelas mengganjal spirit kebangsaan kita", sambungnya.

Menurutnya, kritik yang konstruktif dan argumentatif dibutuhkan agar pemerintah serius menghadapi pandemi COVID-19, bukan melemparkan kritik yang menyerang personal. Karena itu, KITA berharap para tokoh bangsa memberi semangat persatuan dan gagasan kebangsaan yang konstruktif.

"Kita ingin para tokoh bangsa ini berjiwa negarawan, bukan yang haus kekuasaan. Apa pun motifnya, jiwa kenegarawanan para tokoh sangat diperlukan untuk Indonesia saat ini,” ujar Maman.

KITA dideklarasikan di gedung Joeang, Menteng, Jakpus, Rabu, 19 Agustus. Sejumlah tokoh dan organ relawan serta elemen budayawan, pesantren dan habaib ikut hadir.