Mahfud-Mendagri Australia Bertemu Bahas Keamanan Siber
Pertemuan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri Australia, Karen Andrews/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, dan Menteri Dalam Negeri Australia, Karen Andrews, bertemu untuk membahas berbagai hal terkait keamanan dan kemaritiman.

Pertemuan kedelapan Dewan Menteri Bidang Hukum dan Keamanan Australia-Indonesia (MCM) itu berlangsung di Jakarta, Kamis, 23 Desember. Selain keamanan siber, beberapa isu prioritas juga dibahas seperti pencegahan terorisme, ekstrimisme, dan maritim.

Mahfud yakin dialog bilateral tentang isu hukum dan keamanan ini akan mempererat kerja sama antar kedua negara. 

“Diskusi ini memperlihatkan keinginan kuat kedua negara yang bersahabat ini untuk bekerja sama mengatasi tantangan bersama di bidang hukum dan keamanan. Hari ini kami mengafirmasi komitmen bersama untuk terus bekerja sama dan berkolaborasi di berbagai isu," kata Mahfud dalam siaran pers yang dikutip Antara.

Dalam dialog di Jakarta ini, Australia bertindak sebagai tuan rumah, dan Andrews mengatakan Australia dan Indonesia memiliki hubungan yang sempurna dan telah menjadi mitra yang kuat dalam penegakan hukum dan aspek keamanan.

Menurut dia, pertemuan hari ini semakin memperkuat kesepemahaman antar kedua negara, dan telah mengidentifikasi peluang-peluang ke depan untuk kolaborasi lebih erat dalam berbagai isu penting.

"Terlepas dari tantangan yang dihadapi akibat Pandemi Covid-19, Saya sangat senang dapat bertemu secara langsung hari ini, dan mendiskusikan perkembangan baik yang telah kita hasilkan sejak pertemuan terakhir dalam Ministerial Council," kata Andrews

Pada pertemuan ini dia juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Mahfud atas diperbolehkannya Australia menjadi tuan rumah di Indonesia dan menyampaikan undangan kepada Indonesia untuk hadir ke Australia pada 2022 sebagai tuan rumah bersama pertemuan MCM selanjutnya.