Antisipasi Penuhnya Penginapan Saat MotoGP Mandalika di NTB, Pemerintah Siapkan Kapal Pesiar
Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri. (ANTARA) 

Bagikan:

LOMBOK - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Pathul Bahri menyatakan, untuk mengantisipasi kekurangan akomodasi penginapan pada ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika, pemerintah pusat akan menyiapkan kapal pesiar sebagai tempat penginapan bagi wisatawan.

"Kapal pesiar itu nantinya direncanakan akan bersandar di Pelabuhan Awang," kata H Lalu Pathul di Praya, Antara, Selasa, 21 Desember.

Kapal pesiar yang akan didatangkan memiliki kapasitas 2000 orang untuk menjawab kekurangan akomodasi penginapan di Lombok. Selain itu, pemerintah pusat akan menyiapkan kapal cepat untuk penyeberangan Bali-Lombok, mempermudah akses masuk penonton yang menginap di luar Lombok.

"Kapal cepat juga akan disiapkan untuk mendukung MotoGP itu," katanya.

Ia mengatakan, selain itu Kementeri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam arahanya meminta supaya homestay yang ada di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Desa wisata supaya ditingkatkan supaya standar hotel bintang dua.

"Banyak yang harus dipersiapkan untuk mendukung MotoGP tersebut, seperti keberadaan Homestay di lima desa penyangga lingkar Sirkuit Mandalika," katanya.

Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP bulan Maret 2022 dengan jumlah penonton yang dipredeksi akan datang itu mencapai 150 ribu wisatawan. Sedangkan jumlah akomodasi penginapan di NTB mencapai hanya 16 ribu kamar, sehingga wisatawan yang ada datang itu diprediksi menginap di luar Lombok.