Sandiaga Uno: Tetap Waspada dan Tak Panik Hadapi Virus Omicron
Menparekraf Sandiaga Uno/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BADUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan agar seluruh masyarakat tetap terus meningkatkan kewaspadaan dan tidak panik dalam menghadapi virus SARS-CoV-2 varian Omicron.

"Jadi yang ingin kami sampaikan omicron ada di tengah kita dan kita sikapi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan, terus kita tingkatkan dan jangan panik, jangan berlebihan dalam beraksi tentunya atau secara over reaction. Sikapi dengan waspada tentunya akan ada penyesuaian," kata Sandiaga Uno usai meninjau pelaksanaan pameran foto jurnalistik Rwa Bhineda di Seminyak Village, Badung, Bali dikutip Antara, Jumat, 17 Desember.

Sandiaga mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan tetap memberikan panduan berwisata dengan penuh tanggungjawab terhadap virus varian omicron ini.

"Jadi kita tingkatkan kehati-hatian dan tingkatkan kewaspadaan, begitu juga booster program dan vaksinasi untuk usia 6 sampai 11 tahun," katanya.

Selain itu, Sandiaga juga menekankan pentingnya 3T diterapkan di setiap wilayah Indonesia. Serta tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, pada Kamis, 16 Desember, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan kasus omicron pertama di Indonesia terjadi di fasilitas karantina Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta, yang dialami seorang petugas kebersihan rumah sakit berinisial N.

Dia menjelaskan kasus itu diketahui terjadi berdasarkan hasil analisa genom sekuensing yang diterima Kementerian Kesehatan pada 15 Desember 2021.