Bagikan:

BANYUWANGI - Pria yang melakukan aksi penodongan pistol di Banyuwangi, Jawa Timur, diamankan polisi. Pria berinisial R itu diamankan di kediamannya, di daerah Tegaldlimo.

Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, AKP Iwan Hari Poerwanto membenarkan pria yang video aksi koboinya viral itu ditangkap. Dia juga menyebut bila pistol yang ditodongkan pria itu airsoft gun.

"Pria itu berhasil kita amankan dikediamannya, di daerah Dusun Kalisari, Desa Purwosari, Kecamatan Tegaldlimo. Setelah kami komunikasikan dengan rekan yang ada di Polda Jatim, pistol yang digunakan itu berjenis airsoft gun," katanya saat jumpa pers, Jumat, 17 Desember.

Sempat beredar kabar pria yang melakukan penodongan bak aksi koboi itu berprofesi sebagai Intel, namun AKP Iwan membantah . Dari hasil penyelidikan sementara, pelaku merupakan seorang pengangguran dan mengaku sebagai anggota Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia di Bali.

"Memang ada kartunya, masih kami komunikasikan kebenarannya dengan rekan Perbakin. Saat ini terduga pelaku masih kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

Guna mendapatkan informasi yang akurat, saat ini pihaknya tengah memanggil sejumlah saksi yang saat itu berada di lokasi kejadian. 

"Kita belum bisa memastikan berapa orang yang ditodong senjata api, kami masih melakukan pendalaman dan memanggil sejumlah orang yang ada di video viral itu untuk memberikan kesaksian. Jeratan pasalnya pun masih kita lakukan pendalaman," katanya.

Sebelumnya warga Banyuwangi dihebohkan dengan dua video berdurasi 19 dan 23 detik yang merekam aksi pria menodongkan pistol saat menonton sebuah hiburan seni jaranan, di Dusun Suko Dadi, Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

Aksi itu terjadi saat segerombolan pemuda yang juga menonton jaranan terlibat perselisihan. Pria itu kemudian mengambil pistol yang ditaruh di pinggangnya untuk kemudian ditodongkan ke arah para pemuda tersebut. 

Aksi itu terekam oleh kamera ponsel salah seorang warga dan akhirnya tersebar luas di media sosial.