Ketua DPR: Pilkada Serentak Harus Demokratis, Parpol Beri Teladan
Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR (Tangkapan layar YouTube DPR RI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menegaskan Pilkada serentak 2020 harus berlangsung demokratis. Partai politik (parpol) diminta memberi teladan dalam berpolitik.

“Kita berharap agar partai politik yang merupakan pilar demokrasi sangat penting bagi sistem politik dan demokrasi di negara kita, kita juga turun berperan aktif dalam memberi teladan bagaimana berpolitik secara demokratis berdasarkan Pancasila,” kata Puan dalam Sidang Bersama DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jumat, 14 Agustus.

Puan berharap masyarakat berpartisipasi aktif dalam Pilkada yang pencoblosannya digelar pada Desember 2020. Lewat Pilkada diharapkan terpilih kepala daerah terbaik untuk membangun kemajuan di daerahnya. 

“Pesta demokrasi ini merupakan suatu proses politik bangsa Indonesia menuju kehidupan politik yang lebih demokratis, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab,” sambung Puan.

Dalam pidatonya, Puan juga berbicara soal upaya mewujudkan Indonesia Maju. Politik pembangunan juga harus dapat membuka ruang dan akses partisipasi rakyat.

“Karena setiap rakyat juga memikul tanggung jawab yang sama dalam berkontribusi pada kepentingan nasional,” kata dia.