Indonesia Berpotensi Resesi, Rupiah Dibuka Loyo Terus Nih
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot dibuka melemah pada perdagangan Jumat 14 Agustus. Rupiah semakin menunjukkan tren pelemahannya dan diperkirakan juga akan berlanjut hari ini.

Rupiah akhir pekan ini dibuka melemah 24 poin ke level Rp14.799 per dolar AS. Pantauan VOI pada pukul 09.25, rupiah terus bergerak melemah dan berada di level Rp14.807 atau melemah 32 poin.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, rupiah akan melemah hari ini karena sentimen dari potensi resesi Indonesia.

"Sementara dari eksternal, paket stimulus AS yang masih belum disetujui dan indikasi pemulihan ekonomi yang lambat juga bisa mendorong pelemahan rupiah," ujar Ariston kepada VOI.

Ia memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak melemah dengan potensi di kisaran Rp14.700-14.850 per dolar AS.

Hingga pukul 09.00 WIB, mayoritas mata uang di kawasan Asia Pasifik berada di zona merah. Dolar Singapura terlihat melemah 0,04 persen terhadap dolar AS.

Demikian juga mata uang won Korea Selatan, yang melemah 0,26% terhadap dolar AS. Kemudian yuan China melemah 0,06 persen dan India, rupee India melemah 0,02 persen.

Smentara, peso Filipina menguat 0,07 persen terhadap dolar AS.