Jalur Hutan Pusuk Lombok NTB Ditutup Akibat Tebing Longsor
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MATARAM - Jalur lintas kabupaten yang berada di kawasan Hutan Pusuk, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, terpaksa ditutup oleh pihak kepolisian akibat adanya longsor di sejumlah tebing yang menutupi badan jalan.

Kaur Bin Ops (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Utara Ipda Bambang Tedi mengatakan pihaknya menindaklanjuti kejadian alam tersebut dengan mengalihkan jalur pengendara melalui Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami mengimbau kepada para pengguna jalur Hutan Pusuk agar mengakses jalur melewati kawasan Senggigi," kata Bambang dikutip Antara, Senin, 6 Desember.

Menurut informasi di lapangan, Bambang menyampaikan bahwa bencana longsor yang memutus salah satu akses pengguna jalan menuju Kabupaten Lombok Utara tersebut terpantau pada Senin, 6 Desember pagi, sekitar pukul 08.00 WITA.

Bongkahan bebatuan dan tanah serta pepohonan menutupi ruas jalan dan sempat mengakibatkan kendaraan roda dua maupun roda empat yang hendak melintas terganggu.

Beruntungnya di tengah kondisi tersebut, Bambang melaporkan tidak ada korban jiwa. Longsor tersebut diduga akibat intensitas hujan lebat yang terus terjadi sejak Minggu, 5 Desember sore. 

Selain longsor, hujan lebat tersebut mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah kabupaten dan kota. Demikian juga kejadian alam lainnya yang mengakibatkan pohon tumbang dan gelombang tinggi.