Rupiah Menguat Tipis Kamis Pagi
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot dibuka menguat tipis pada perdagangan Kamis 13 Agustus. Rupiah dibuka menguat 0,12 persen atau 17 poin ke level Rp14.743 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, pagi ini sentimen pasar terlihat positif untuk aset berisiko dengan indeks saham Asia bergerak menguat mengikuti penguatan yang terjadi di Pasar saham AS semalam.

"Nilai tukar emerging markets termasuk rupiah juga terlihat menguat pagi ini terhadap dolar AS," ujar Ariston kepada VOI.

Hari ini, kata dia, pasar mungkin merespons positif indikasi pemulihan ekonomi global dan masih berekspektasi positif terhadap persetujuan paket stimulus kedua AS untuk membantu pemulihan ekonomi AS di tengah pandemi COVID-19.

"Rupiah juga berpotensi menguat dengan potensi di kisaran Rp14.650-14.850 per dolar AS," ujarnya.

Pagi ini hingga pukul 09.25, mayoritas mata uang di kawasan Asia Pasifik bergerak menguat di hadapan dolar AS. Mata uang yang menguat adalah yen Jepang, dolar Hong Kong, dolar Singapura, dolar Taiwan, won Korea Selatan, peso Filipina,, rupiah, ringgit Malaysia, dan baht Thailand.

Sementara mata uang yang melemah terhadap dolar AS pagi ini adalah rupee India dan yuan China.