Pejabat Polri Sowan ke Ormas Bermasalah, Polda Jabar: Ada Cara Lain untuk Menjaga Kondusifitas
Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA – Menyambut ucapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait adanya pejabat tinggi (Polri) sowan ke sejumlah organisasi masyarakat (ormas) bermasalah, Polda Jawa Barat mengatakan ada cara lain untuk menjaga kondusifitas.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan, arahan dari presiden tersebut bakal diterapkan kepada setiap kepala satuan kerja (kasatker) di jajaran Polda Jawa Barat sebagai hasil dari evaluasi.

"Jadi masalah pendekatan untuk menjaga rasa aman dan menjaga kondusifitas itu masih ada berbagai cara untuk melaksanakannya, bukan dengan melakukan silaturahmi ke ormas yang bermasalah," kata Erdi mengutip Antara, Sabtu 4 Desember.

Menurut Erdi, apa yang disampaikan Jokowi merupakan suatu evaluasi di jajaran kepolisian guna menjaga wibawa dan profesionalisme aparat penegak hukum. Sehingga, kata Erdi, itu menjadi evaluasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh kepolisian, khususnya bagi seluruh jajaran Polda Jawa Barat.

"Juga ada tindakan tegas dari kita apabila dari kasatker yang ada di polda jajaran melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan normal etika," terang Erdi.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan agar Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjaga kewibawaan dengan cara yang benar. Salah satunya, kata presiden, dengan berhati-hati ketika berkoordinasi dengan pihak lain dalam rangka menjaga kondusifitas.

"Hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan," kata presiden.