Transjakarta Kecelakaan Lagi, Wagub DKI Bakal Kembali Evaluasi
Wagub DKI Jakarta Riza Patria/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Pemprov DKI akan melakukan evaluasi penyebab kecelakaan Transjakarta yang terjadi pada hari ini di depan Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jalan Mayjen Sutoyo, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Sebelumnya, kecelakaan Transjakarta juga pernah terjadi pada Senin, 25 Oktober, pagi. Akibat kecelakaan itu 33 orang menjadi korban. Di mana, dua di antaranya meninggal dunia dan 31 orang mengalami luka ringan dan berat.

Saat itu, Riza juga menyebut akan mengevaluasi kejadian tersebut. Pada hari ini, Riza mengaku akan mengevaluasi lagi penyebab masalah operasional Transjakarta.

"Memang ada beberapa kejadian belakangan ini, terkait sopir, masalah bus, kemarin tabrakan sekarang pos. Nanti akan kita evaluasi lebih lengkap dan menyeluruh apa sesungguhnya maslaah yang terjadi sehingga terjadi tabrakan dan nanti kita carikan solusi terbaik," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Desember.

Sebagai informasi, sebuah bus Transjakarta menabrak Pos Polisi Lalu Lintas (Pos Polantas) PGC Cililitan yang berada di perempatan depan Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jalan Mayjen Sutoyo, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Akibat tabrakan itu, Pos Polantas rusak parah setelah dihantam bus Transjakarta dari arah Jatinegara. Menurut informasi, seorang petugas Transjakarta alami luka akibat kecelakaan itu.

Peristiwa kecelakaan itu sempat membuat arus kemacetan di sekitar kawasan PGC Cililitan. Pasalnya, setengah badan bus masih berada di bahu jalan sehingga menyekat arus lalu lintas yang ada di lokasi tersebut.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, penyebab kecelakaan bus Transjakarta itu akibat jatuhnya sebuah dongkrak yang dari kolong jok pengemudi.

Kemudian, dongkrak tersebut menimpa pedal gas sehingga bus melaju dan menabrak pos polisi lalu lintas (pos polantas).

"Dongkrak bus ditaruh di bawah jok pengemudi, kemudian gelinding menimpa pedal gas sehingga busway menabrak pospol," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy.

Terdapat seorang korban dalam kecelakaan tunggal bus Transjakarta ini. Korban merupakan petugas Transjakarta yang biasa menjaga jalur bus way di lokasi. Saat ini, korban telah dilarikan ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati.