PHRI Cianjur Harap Tak Ada Larangan Tamu Menghabiskan Liburan Natal-Tahun Baru di Hotel
Hotel Le Eminance Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, menawarkan berbagai fasilitas penunjang selama libur panjang natal dan tahun baru. (Foto: Ahmad Fikri/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Jawa Barat, berharap tidak ada larangan bagi tamu yang akan menghabiskan libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021 di hotel dan tempat wisata saat PPKM level 3.

Ketua PHRI Cianjur, Nano Indra Praja saat dihubungi Minggu, mengatakan sejak beberapa bulan terakhir tingkat hunian hotel di Cianjur, mulai meningkat setelah sempat terpuruk akibat COVID-19.

"Namun saat ini, ketika roda perekonomian kembali menggeliat, pemerintah akan menerapkan PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Cianjur. Namun kami berharap tidak sampai kepada larangan kunjungan atau pembatasan sosial," katanya dilansir Antara, Minggu, 28 November.

Pasalnya, ungkap dia, pemulihan ekonomi sudah dapat dilakukan daerah yang berstatus level 2 termasuk di Cianjur, namun untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus, pemerintah menerapkan hal tersebut sehingga berharap kunjungan tetap ada, namun dengan penerapan prokes ketat.

Termasuk, katanya, pengunjung atau tamu dari dalam dan luar kota wajib menujukkan "scan barcode" di aplikasi PeduliLindungi saat akan merayakan Natal dan Tahun Baru 2022 di hotel atau tempat wisata di kawasan Puncak-Cianjur sehingga roda perekonomian tetap berjalan.

"Semua anggota PHRI Cianjur sudah mengikuti semua anjuran dan aturan pemerintah, bahkan seluruh karyawan sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua. Kami juga banyak menggelar vaksinasi massal sebagai upaya membantu percepatan vaksinasi tercapai," katanya.


Tidak hanya terkait vaksinasi, seluruh anggota PHRI Cianjur, ujar dia, sudah sepakat tidak menggelar acara pesta kembang api atau "live music" saat malam pergantian tahun untuk mencegah terjadinya kerumunan sesuai aturan pemerintah.

Markom Manager Le Eminance Hotel, Rizki S mengatakan pihaknya akan mematuhi semua larangan dan aturan yang diterapkan pemerintah untuk mencegah kembali meningkatnya kasus COVID-19 dengan tidak menggelar keramaian pada malam pergantian tahun.

Namun, papar dia, pihaknya memberikan pilihan bagi tamu yang datang untuk menghabiskan libur bersama keluarga dengan berbagai fasilitas penunjang yang dimiliki hotel berbintang 5 itu dengan tetap menerapkan prokes ketat bagi tamu yang datang.

"Kami memiliki kolam renang umum, kolam air panas, kebun binatang kecil, tempat bermain anak, dan berbagai sarana lain yang ada di lingkungan hotel. Menjelang Natal dan Tahun Baru 2022 tingkat pemesanan sudah mulai terlihat," katanya.