Kasus COVID-19 Naik, Wali Kota Batam Ingatkan Warga Pakai Masker
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

BATAM - Wali Kota Batam, Kepulauan Riau, Muhammad Rudi mengingatkan warga agar tetap menggunakan masker demi untuk meminimalkan penularan COVID-19, apalagi dalam beberapa hari terakhir jumlah warga yang terpapar virus corona bertambah.

"Laporan mulai ada yang terjangkit COVID-19 lagi. Saya titip, tolong bantu diri sendiri dan masyarakat. Mari pakai masker," kata Wali Kota di Batam dikutip Antara, Jumat, 26 November.

Dalam tiga bulan terakhir, angka penularan COVID-19 di Batam terus melandai. Bahkan selama beberapa hari berturut-turut di awal November 2021, dilaporkan tidak ada warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Namun, lanjut Rudi, pada Kamis, 25 November, tambahan dua orang yang tercatat terpapar virus corona, hingga total lima orang yang masih dalam penanganan.

Menurut Rudi, saat ini COVID-19 di Batam kian melemah, seiring dengan bertambahnya daya tahan tubuh warga setempat dengan suntikan vaksin. Namun, itu tidak menjadi penangkal virus.

"Tapi tetap akan masuk juga kalau tidak pakai masker. Mari pakai masker biar Batam terbebas dari COVID-19," imbau Wali Kota Batam.

Dia menyatakan optimistis Batam segera menjadi zona hijau COVID-19. Rudi juga meyakini lima orang warga yang masih terkonfirmasi aktif COVID-19 segera pulih, penambahan kasus baru terus berkurang hingga nihil.

"Mudah-mudahan, kita berharap mereka sembuh, Batam kembali nol kasus COVDI-19 lagi. Karena mereka tidak ada gejala, orang sehat," kata Rudi.

Selain itu, wali kota Batam mengingatkan masyarakat kembali mempersiapkan diri menjalankan kehidupan normal di tengah pandemi COVID-19, tanpa menerima berbagai kemudahan dari pemerintah.

Sejak awal pandemi COVID-19, sambungnya, pemerintah telah memberikan banyak relaksasi untuk memudahkan masyarakat menjalani kehidupan.

Namun, dia tidak dapat memastikan apakah relaksasi serupa masih akan diberikan pada 2022. Karena itu masyarakat harus bersiap.

"Ayo sama-sama bangkit, tanpa bantuan pemerintah, ekonomi kota ini harus jalan. Saya sudah siapkan, meski COVID-19 tetap membangun, supaya Batam hebat ke depan," kata wali kota.