Ratusan Ribu Aparat Gabungan Gelar Operasi Lilin Amankan Natal-Tahun Baru
Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo/DOK HUMAS POLRI

Bagikan:

JAKARTA - Ratusan ribu personel TNI-Polri bakal dikerahkan dalam pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan (prokes) saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Pengamanan dan pengawasan ini guna mencegah terjadinya peningkatan mobilitas yang berdampak kelonjakan kasus COVID-19. Apalagi saat libur natal dan tahun baru (nataru) pemerintah pun telah menerapkan kebijakan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia.

"Kami libatkan seluruh Indonesia, sekitar 217 ribu, seluruh Indonesia. TNI juga mempersiapkan personilnya, Satpol PP, dan jajaran kesehatan juga mempersiapkan, dan stakeholder terkait lainnya," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat,26 November.

Personel gabungan itu bakal berkerja dalam Operasi Lilin yang berlangsung sejak 20 Desember hingga 2 Januari 2022. Penerapan operasi ini pun sebagai tindak lanjut Instruksi Mendagri Nomor 62 Tahun 2021.

"Polri juga di seluruh-seluruh pintu-pintu tol, dan jalur-jalur akses tertentu perbatasan antar wilayah itu ada pos sebagai cek poin nah di situ nanti juga akan dicek disitu apakah masyarakat yang bepergian memiliki SKM (surat keluar masuk)," papar Dedi.

Petugas gabungan juga bakal memeriksa kelengkapan lainnya seperti surat keterangan bebas COVID-19. Jika masyarakat tidak memilikinya, maka, petugas akan melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Kalau misalkan belum akan dilakukan swab antigen kalau misalnya dia (masyarakat) nanti positif akan ditindaklanjuti PCR," kata Dedi.