Airin Rachmi Diany dan Gousta Feriza Akan Bertarung di Munas VIII Purna Paskibraka Indonesia
Deddy Darmawan menjelaskan persiapan Munas PPI usai Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), menurutnya Airin Rachmi Diany dan Gousta Feriza akan berlaga di Munas. (Foto Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Sebentar lagi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas). Menjelang pelaksanaan Munas ini dua nama sudah mengajukan diri untuk berlaga untuk memperebutkan kursi pucuk pimpinan organisasi. Mereka adalah Airin Rachmi Diany dan Gousta Feriza. Siapakah yang akan berjaya di antara kedua nama ini atau akan ada lagi nama lain yang muncul? 

PPI sebagai organisasi pembinaan dan kaderisasi tepat di bulan Desember tahun ini genap berusia 32 tahun. Dengan pertumbuhan anggota Purnapaskibraka setiap tahunnya diperkirakan tidak kurang dari 25.000 orang.

Sesuai amanah Munas VII PPI tahun 2016 yang diselenggarakan di Kota Mataram NTB  telah menetapkan lokasi Munas VIII PPI yaitu di Provinsi Riau di Tahun 2021. Pelaksanaan Munas VIII PPI merupakan hasil kesepakatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PPI yang akan diselenggarakan pada tanggal 19-20 Desember 2020. 

Rakornas PPI tersebut telah juga menetapkan aturan terkait dengan Persyaratan bagi bakal calon (Balon) Ketua Umum PPI Periode 2021-2026. Panitia Pengarah Munas telah menerima Berkas Pendaftaran dari 2 (dua) orang bakal calon (Balon) Ketua Umum PPI, yakni Airin Rachmi Diany dan Gousta Feriza.

Deddy Darmawan selaku Panitia Munas PPI mengatakan bahwa pelaksanaan nanti akan menetapkan ketua PPI untuk periode 2021 – 2026. “Kita sudah membentuk steering committee (SC) untuk menerima pendataran calon ketua PPI. Panitia Pengarah Big PPI 2021 menerima dua berkas pendaftaran dari dua balon Ketum PPI 2021-2026 yakni atas nama saudari Airin Rachmi Diany dan saudara Gousta Feriza,” kata Deddy Darmawan kemarin. 

“Selanjutnya hasil dari ini akan kita sampaikan di Munas VIII PPI yang akan digelar di Riau 3-6 Desember 2021 mendatang. Nantinya peserta munas yang akan menentukan apakah Airin bisa lolos atau tidak sebagai bakal calon ketua umum PPI selanjutnya,” paparnya.

Oleh karena itu, steering committee dari Munas PPI hanya melakukan verifikasi berkas terhadap dua calon ketua PPI. Untuk kekurangan persyaratan pihaknya menyerahkan kepada pengurus pusat. “Jadi tidak ada yang gagal, tidak ada yang tidak lolos, dan tidak ada yang tidak layak. Jadi kami harus memenuhi syarat yang sudah lengkap ini,” katanya.

Untuk menjadi ketua umum PPI, Yusihayanti mengatakan harus aktif dalam pengurusan di tingkat kabupaten, kota, provinsi maupun tingkat pusat. “Jadi, berkas ini kita sampaikan dalam munas PPI yang akan digelar di Pekanbaru, Riau,” kata Yusihayanti.

Apakah Airin Rachmi Diany yang juga mantan Walikota Tangsel atau Gousta Feriza yang akan berjaya di  Munas VIII Purna Paskibraka? Kita tunggu Desember nanti.