Ingin Bunuh Diri, Pria ODGJ Warga Tanjung Priok Lompat ke Kali BKT Pondok Kopi
Pria ODGJ (kaos biru) diselamatkan warga sekitar BKT Pondok Kopi usai lompat ke kali/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pria berhasil diselamatkan warga setelah menceburkan diri ke kali Banjir Kanal Timur (BKT), Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Saksi, pedagang yang di sekitar lokasi, pria warga Tanjung Priok ini nekat melompat ke BKT. Melihat pemandangan tak biasa, saksi segera meminta tolong kepada warga lainnya.

Dua warga kemudian berenang ke aliran BKT dan menarik tubuh pria yang mulai tenggelam itu.

"Lagi pada duduk, kata orang warung itu ada orang nyemplung aja. Itu orang teriak minta tolong , sudah mau tenggelam. Kepalanya saya jambak, kalau engga saya jambak tenggelam," kata Ponco, warga yang menyelamatkan.

Warga kemudian membawa ke tepi dan sempat menanyakan nama pria tersebut.

"Dia bilang minta tolong ke saya mau pingsan, saya lemes kata pria itu. Akhirnya saya gotong ke atas, saya kasih air putih," ujarnya.

Namun saat ditanya warga, jawaban pria tersebut terus berubah-ubah. Dari pengakuannya, pria itu bernama Oblak. Dia mengaku datang dari Priok bersama temannya.

"Terjun dari jembatan," ucap Oblak.

Pria yang diduga depresi itu kemudian diserahkan ke petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Timur.

Saat dikonfirmasi, Kepala Suku Dinas Sosial (Kasudin Sosial) Jakarta Timur membenarkan bahwa pemuda tersebut akan menjalani rehabilitasi sosial. Pemuda tersebut termasuk golongan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Kita rehabilitasi. Kemarin sore langsung dirujuk ke RS Duren Sawit untuk perawatan. Karena dugaan sementara ada gangguan jiwa," katanya saat dihubungi VOI, Kamis 18 November.