Bagikan:

JAKARTA - Bunga bangkai atau Amorphophallus Titanum merupakan tanaman asli Indonesia yang biasanya hanya tumbuh di populasi liar hutan Sumatera. Tanaman ini termasuk dalam kategori langka berdasarkan klasifikasi Internasional Union for Conservation of Nature (IUCN). Bahkan, keberadaan bunga ini dilindungi Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

Namun, kini bunga bangkai tumbuh secara liar di taman Perumahan warga Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Keberadaan bunga bangkai setinggi 50 sentimeter dengan diameter 50 sentimeter ini menjadi pusat perhatian warga sekitar karena kemunculannya sangat misterius.

Keberadaan bunga bangkai ini menjadi pusat perhatian warga. Warga dari berbagai wilayah yang penasaran, datang untuk melihat keaslian bunga tersebut. Bunga ini tumbuh secara liar dan baru diketahui warga sejak beberapa hari lalu.

"Penasaran pak, mau melihat bunganya," kata Meyrani (27), warga sekitar lokasi.

Untuk mengantisipasi kerusakan terhadap bunga langka itu, warga memasang pagar dari bambu untuk membatasi jarak warga dan bunga tersebut.

Ketua RW 09, Bambang Setiadi mengatakan, warga sekitar berencana menjaga bunga ini dengan memasang pagar.

"Akan dipasang pagar kayu agar tidak rusak (bunga bangkai) itu. Warga berharap dengan tumbuhnya bunga bangkai ini bisa menjadi ikon di perumahan warga Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit," katanya, Kamis 18 November.

Awal mula diketahui keberadaan bunga dari adanya laporan petugas keamanan wilayah komplek yang melaporkan tumbuh bunga bangkai.

"Tiga hari lalu ada salah satu anggota keamanan kita melaporkan ada yang tumbuh bunga bangkai ini. Kita tanya warga sini tapi tidak ada yang tahu," ujarnya.

Menurut Bambang, dirinya tinggal di perumahan tersebut sejak 1981 belum pernah menemukan tumbuhan ini di wilayahnya. Dan baru kali ini tumbuh di wilayah perumahan Pondok Kopi.

"Bunga ini dikatakan sangat langka, biasanya ada di Bogor. Kita segera bersihkan lingkungan dan pasang pagar. Kita lihat pertumbuhan bunga cepat sekali, ada lalat - lalat mulai berdatangan ke bunga ini. Kita coba jaga kelestariannya," kata Bambang.

Selain di Jakarta Timur, keberadaan bunga bangkai juga sempat tumbuh di pekarangan rumah warga di Jalan Bunga Rampai RT 011/03, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, beberapa pekan lalu.