Anak Buah Luhut di Kemenko Marves Jadi Dirjen Minerba?
Ridwan Djamaludin (Foto: Humas Kemenko Marves)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah dikabarkan merestui Ridwan Djamaludin sebagai Direktur Jenderal Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Ridwan merupakan Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Maritim dan Investasi.

Ridwan akan menggantikan Bambang Gatot Ariyono yang pensiun sejak Mei lalu. Dengan demikian, maka Kementerian ESDM memiliki Dirjen Minerba definitif.

Namun, Sekjen Kementerian ESDM, Ego Syahrial belum berani mengonfirmasi penunjukan Ridwan Djamaludin tersebut. Hanya saja, Ego mengatakan untuk posisi Dirjen Minerba sudah mencapai tahap akhir tinggal menunggu Keputusan presiden terkait hal ini.

"Sudah tinggal tunggu Kepres nya aja," kata Ego saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu, 5 Agustus.

Ridwan adalah mantan Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IATGI). Ia juga merupakan lulusan Geologi ITB. Ridwan juga merupakan ketua ikatan alumni ITB. 

Ridwan menyelesaikan gelar masternya di University of Twente di Belanda. Lalu, ia menyelesaikan gelar doktornya di Texas A&M University dengan konsentrasi yang sama di bidang Geologi.

Sebelumnya, ada beberapa orang yang ikut seleksi Dirjen Minerba. Mereka adalah Agung Pribadi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerjasama (KLIK), Mohamad Priharto Dwinugroho (Kepala Pusat PPSDM Geominerba), Sujatmiko (Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara), dan Yunus Saefulhak (Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral).

Sementara, dua lainnya merupakan pejabat dari Kemenko Marves yaitu Ridwan Djamaluddin dan pejabat di bawahnya, Yohannes Yudi Prabangkara yang merupakan Asisten Deputi Industri Penunjang Infrastruktur.