<i>Salfok</i> dengan Postingan Menlu Retno Bareng Menlu Inggris, Warganet: Miss, Sepatunya Keren
Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menjadi andalan Presiden Jokowi untuk urusan diplomasi dengan dunia internasional. Kepiawaian Menlu Retno memang sudah teruji sehingga tak heran kembali ditarik sebagai menlu di masa periode ini.

Namun Retno bukan cuma diplomasi. Retno juga berani dengan fesyen yang mungkin bagi banyak orang 'out of the box'.

Retno berani mengikuti tren yang diberi nama missmatched shoes. Bukan tren baru sebenarnya. Tapi Retno berani memakainya di acara formal bersama Presiden Jokowi di Istana.

Seperti namanya, tren ini adalah memakai sepatu bukan dengan warna yang sama. Dan gaya ini dipakai ketika Retno menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss Kamis 11 November kemarin.

Retno terlihat tampil dengan sepatu beda warna, yakni warna hitam di bagian ujung depan. Sedangkan sepatu satunya lagi terdapat warna putih di bagian ujung depannya.

Bahkan saat di Istana Bogor pada 10 November lalu. Saat Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Malaysia, Dato’ Sri Ismail Sabri bin Yaakob. Kunjungan ini merupakan kunjungan resmi perdana PM Ismail Sabri sejak ia dilantik pada 21 Agustus 2021 lalu.

PM Ismail Sabri tiba di Istana Bogor sekitar pukul 12.30 WIB dan langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo. Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali.

Jokowi lalu mengenalkan kepada PM Malaysia, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Dan kembali lagi, Retno memakai jenis sepatu yang sama.

Sebetulnya bukan kali ini saja Menlu Retno memakai sepatu seperti itu. 8 Oktober 2021, Retno juga kembali terekam memakai fesyen yang sama. Saat itu Retno mau menemani Jokowi meninjau sejumlah lokasi yang akan digunakan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Pada tahun 2022 mendatang, Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah pertemuan akbar tersebut.

"Miss sepatunya keren," tulis warganet mengomentari postingan menlu.

"Salfok sama sepatunya Bu Menlu~ semoga membawa angin segar buat Indo ya bu," lanjut warganet yang lain.