Menlu Inggris akan Kunjungi Indonesia dalam ‘<i>Tour</i>’ Asia Tenggara
DOKUMENTASI VIA ANTARA/Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York (ANTARA/HO-KBRI London/am)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss akan terbang ke Malaysia, Thailand, dan Indonesia dalam kunjungan selama seminggu ke Asia Tenggara yang bertujuan untuk memperdalam hubungan ekonomi dan keamanan dengan kawasan itu.

Kunjungan yang akan dimulai pada Minggu itu mencerminkan "semakin pentingnya hubungan ekonomi dan diplomatik", seiring upaya Inggris untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara dan kawasan di luar Eropa setelah keluar dari keanggotaan Uni Eropa (Brexit).

"Saya ingin memposisikan Inggris di mana pertumbuhan masa depan berada dan untuk memikirkan siapa mitra utama kami pada tahun 2050 dan seterusnya," kata Truss dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantornya sebagaimana dilansir Antara, Minggu, 7 November.

"Asia Tenggara akan menjadi mesin ekonomi global dan saya ingin Inggris menjadi bagian dari itu, meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan kami mencerminkan semakin pentingnya kawasan ini," ujarnya.

Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan Truss akan berusaha untuk membangun hubungan yang lebih erat di bidang investasi infrastruktur ke kawasan tersebut.

Dia akan bertemu dengan para pemimpin dan menteri luar negeri di Malaysia dan Thailand, dengan topik diskusi mencakup kerja sama pertahanan dan perdagangan, serta investasi digital dan teknologi dan kolaborasi keamanan yang lebih dalam.

Truss juga akan mengadakan pembicaraan tentang isu-isu kebijakan luar negeri seperti Myanmar dan Afghanistan dengan mitranya dari Indonesia, dan mencari hubungan yang lebih erat dalam kontraterorisme dan keamanan siber.