Prakiraan Cuaca BMKG: Sejumlah Kota Besar Indonesia Bakal Alami Hujan Disertai Petir Jumat 5 November
Ilustrasi. Awan hitam menyelimuti langit Jakarta (Foto: Galih Pradipta/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyebutkan sejumlah kota besar di Indonesia diprakirakan akan mengalami hujan yang disertai dengan kilat dan petir pada Jumat,  5 November.

Berdasarkan informasi yang dikutip Antara, melalui laman www.bmkg.go.id di Jakarta pada Jumat, BMKG mengimbau Kota Banda Aceh, Bengkulu, Bandung, Pangkal Pinang, Mataram, Pekanbaru dan Manado untuk mewaspadai terjadinya hujan disertai kilat dan petir.

Selain hujan petir, sejumlah kota turut diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang yaitu Tanjung Pinang, Bandarlampung, Makassar dan Kendari.

Sedangkan kota yang diduga memiliki potensi hujan ringan adalah Serang, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Semarang, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Ambon, Padang, Kupang dan Palembang.

BMKG turut menyebutkan, Kota Denpasar, DI Yogyakarta, Jayapura, Manokwari, Mamuju dan Palembang akan mengalami cuaca berawan. Sedangkan Kota Samarinda diprakirakan bercuaca berawan tebal dan Tarakan akan alami cuaca cerah berawan.

Menurut BMKG, kisaran suhu di kota-kota tersebut ada pada skala 23 sampai 34 derajat celcius dan untuk persentase kelembaban akan mencapai 55 hingga 100 persen.