Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Turun di Sejumlah Pelabuhan Jakarta
Puluhan kapal merapat di dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta. (Foto: M Agung Rajasa/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan turun dengan intensitas sedang di sejumlah pelabuhan DKI Jakarta, antara pukul  07.00 hingga 19.00 WIB, Senin.

Dilansir Antara, Senin, 1 November, mengutip dari akun media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta pukul 07.00 WIB, cuaca Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, diperkirakan hujan sedang dengan kecepatan angin berhembus dari utara ke timur antara 4-12 knot.

Selain itu, ketinggian gelombang air laut antara 0,5 sampai 1,25 meter dan diperkirakan ketinggian air laut saat pukul 09.00 WIB nanti maksimum 0,8 meter.

BMKG memprakirakan suhu udara di Pelabuhan Tanjung Priok berkisar 25-31 derajat celsius dan kelembaban udara 72-92 persen dengan jarak pandang (visibilitas) delapan kilometer.

Hal itu juga diperkirakan terjadi di Pelabuhan Marunda (Cilincing) serta Pelabuhan Kalibaru, Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muara Baru, Pelabuhan Kaliadem Muara Angke dan Pelabuhan Sunda Kelapa (Penjaringan).

Sementara itu, cuaca di wilayah perairan Jakarta, seperti di Perairan Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, dan Laut Jawa Bagian Barat, BMKG memprakirakan bahwa umumnya hujan ringan.

Angin bertiup dari arah timur laut hingga tenggara dengan kecepatan angin empat sampai 10 knot dan ketinggian gelombang antara 0-0,5 meter.

Sementara itu, di daratan Jakarta, khususnya Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprakirakan turun hujan deras disertai kilat/petir pada sore hingga menjelang malam hari.

BMKG juga memberi peringatan dini tentang prakiraan Kota dan Kabupaten Bogor serta Depok berpotensi hujan deras disertai kilat/ petir antara siang hingga malam hari.

Prakiraan itu akan selalu diperbaharui setiap ada perubahan angin dan pergeseran awan.

Adapun rata-rata suhu udara di daratan DKI Jakarta berkisar antara 24 sampai 32 derajat celsius, kecuali di Jakarta Utara (25-32 derajat celsius), Jakarta Pusat (25-32 derajat celsius) dan Kepulauan Seribu (26-32 derajat celsius) dengan kelembaban udara berkisar 80-100 persen.