BMKG Prakirakan Hujan dan Angin Kencang Landa Sebagian Besar Indonesia
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gangguan cuaca yang berpotensi memicu awan hujan disertai angin kencang secara merata hampir di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Dilansir Antara dari laman www.bmkg.go.id beberapa wilayah Indonesia saat ini telah memasuki musim hujan meliputi wilayah Indonesia bagian barat, bagian tengah, juga wilayah Indonesia bagian timur.

Prakiraan daerah konvergensi atau pertemuan angin terdapat di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah, dan di wilayah Papua juga Nusa Tenggara.

Daerah tersebut berpotensi terjadi peningkatan aktivitas pertumbuhan awan awan hujan yang perlu diwaspadai masyarakat saat beraktivitas akhir pekan.

BMKG menginformasikan sejumlah daerah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang diprakirakan melanda di sebagian besar Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Situasi serupa juga berpotensi terjadi di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Selain itu, wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Bali, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

Hujan petir diprakirakan melanda sejumlah kota besar di Indonesia, di antaranya Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Mataram, dan Medan.

Situasi hujan ringan hingga sedang mengguyur Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Bandung, Semarang, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Pekan Baru, Mamuju, Makasar, Kendari, Manado, Padang, dan Palembang.

Kondisi cuaca berawan dan cerah berada di Surabaya, Tarakan, Badar Lampung, Jayapura, dan Manokwari.

Situasi suhu di kota besar rata-rata 20 hingga 35 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan berkisar 55 hingga 100 persen.

Jakarta diguyur hujan siang hingga malam

"Waspada potensi hujan disertai petir dan angin kencang di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat, pada siang dan sore hari," demikian peringatan yang dilansir dari laman BMKG.go.id, Sabtu.

Rincian prakiraan cuaca Jakarta pada Sabtu hari ini, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan mengguyur seluruh wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu, pada siang hari.

Cuaca hujan diprakirakan akan bertahan hingga Sabtu malam dan Minggu dini hari di seluruh wilayah Jakarta, kecuali Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu yang diperkirakan berawan.

Suhu udara rata-rata di Jakarta pada Sabtu diperkirakan berada pada kisaran normal antara 23 hingga 32 derajat celsius, serta tingkat kelembapan udara pada berfluktuasi pada kisaran 70 persen hingga 100 persen.