Potret Transisi dan Kesuksesan Billie Eilish
Billie Eilish (Twitter @billieeilish)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Billie Eilish terus melambung dalam 12 bulan terakhir menyusul kesuksesannya di industri musik dunia. Album debut When We All Fall Asleep, Where Do We Go? didaulat sebagai album yang paling banyak diputar serta menjadi pembicaraan banyak orang. Sementara lagu-lagu di dalamnya menjelma menjadi hit, salah satunya Bad Guy yang diganjar nominasi Grammy Awards 2020.

Prestasi demi prestasi itu ia dapatkan di usianya yang masih terhitung muda, 17 tahun. Karena Eilish baru berulang tahun yang ke-18 pada Kamis kemarin. Pencapaian ini bukan semata karena visualisasinya, tetapi ada banyak hal penting yang terjadi di dalam seorang Eilish.

Lihat saja penampilannya. Baju dengan ukuran besar dan sepatu tinggi serta aksesoris dalam jumlah banyak seringkali menyudutkan perempuan ini. Namun, Eilish mengacuhkan itu semua. Penampilannya yang terkesan eksentrik tidak mengubah suaranya yang indah atau pun penjualan albumnya. Eilish juga lebih merasa percaya diri dengan penampilan ini.

Selain penampilan, lagu-lagu Eilish juga banyak 'menyentuh' umur sebayanya. Tema tentang jatuh cinta, patah hati, lalu merasa depresi dan letih, banyak dibicarakan oleh penyanyi peraih Apple Music Awards ini.

Dukungan penulisan lagu dari musisi sekaligus kakak kandungnya, Finneas, melengkapi karier bermusiknya. Deretan kolaborasi juga menunggunya untuk diwujudkan, menindaklanjuti kolaborasi bersama Khalid serta sebuah remix yang dibuat oleh Eilish dan musisi yang ia idolakan sejak kecil, Justin Bieber, dalam dua tahun terakhir.

Pada hari ulang tahunnya, Eilish mengunggah sebuah video montase dirinya saat kecil. Eilish mengucapkan; “Halo, nama saya Billie, dan saya akan memainkan sebuah lagu yang saya buat dengan gitar ini,”. Setelah itu, video bertransisi menjadi footage penonton dalam salah satu konser Eilish yang sold out.

Kemudian adegan berganti menjadi Eilish remaja dan diteruskan dengan video penampilannya menjelang naik ke atas panggung. Video berdurasi satu menit seperti merangkum mimpi kecil Eilish yang berubah menjadi jalan hidupnya.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18 tomorrow

A post shared by BILLIE EILISH (@billieeilish) on

Penggemar pun beramai-ramai mengirimkan ucapan ulang tahun kepada penyanyi yang baru merilis lagu Everything I Wanted. Mereka juga meminta album baru serta kolaborasi bersama musisi-musisi yang menjadi idola mereka.

Saat ini, Eilish disibukkan dengan persiapan tur dunia Where Do We Go? yang akan dimulai tahun depan. Di sisi lain, Eilish baru mengumumkan dirinya akan menjadi headliner di Lollapalooza pada tahun yang sama. Selamat ulang tahun, Billie Eilish!