Tiga Varian Motor Baru Yamaha, dari Trail Sampai Cafe Racer

Tiga Varian Motor Baru Yamaha, dari Trail Sampai <i>Cafe Racer</i>

Tiga varian motor baru Yamaha (Instagram @Yamahaindonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Kemarin (2/12) Yamaha merilis motor teranyarnya. Ketiga motor itu adalah jenis trail WR 155R, motor ala retro XSR 155, dan All New Nmax 155. Maklum ketiga jenis motor itu memang yang paling banyak seliweran di jalan raya saat ini. 

Yang pertama adalah jenis trail WR 155R. Motor trail Yamaha ini nantinya bakal bersaing dengan pendahulunya yakni Kawasaki KLX 150, dan yang sedang naik daun yakni Honda CRF 150 L. 

Yamaha WR 155R mengusung mesin berkapasitas 155cc, Liquid cooled, 4 langkah dengan teknologi VVA yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,3 KW atau sekitar 19 dk di putaran 10.000 rpm dan torsi sebesar 14,3 Nm/ 6.500 rpm.

Apabila melihat pemberitaan, rupanya Yamaha memilih warna biru sebagai andalan dari Yamaha WR 155R. Sementara pesaingnya memang sudah melekat dengan warna khasnya. Misalnya Honda CRF 150 L menjadikan warna merah sebagai warna andalannya, sedangkan Kawasaki KLX 150 identik dengan warga hijau. 

Namun sepertinya ada yang kurang dari WR 155R ini dibandingkan dengan kedua kompetitornya. Motor ini masih menggunakan suspensi telescopic diameter 41 mm, belum menggunakan upside down. Namun hal itu tidak mengurangi motor ini untuk aktivitas off road karena Yamaha mengklaim suspensinya masih nyaman untuk itu karena kemampuan daya redam yang baik.

Sedangkan suspensi belakangnya, didukung dengan Link Type Monocross bertekanan yang dilengkapi oli dan dapat diatur tingkat kekerasannya sesuai dengan selera sang pengguna. Motor trail ini juga sudah pakai sasis semi double cradle yang membopong tangki bahan bakar berkapasitas 8,1 liter.

Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan speedometer LCD multifungsi yang bersifat informatif dan hazard lamp yang berfungsi sebagai tanda ketika pengendara mengalami kondisi darurat.

Sementara itu untuk harganya, dibandingkan kedua kompetitornya, W 155R ini paling mahal. Harganya berada di kisaran Rp36,9 juta khusus untuk booking online OTR Jakarta. 

Nmax 155

All New Yamaha Nmax, bukan facelift, tapi benar-benar banyak perubahan. Bukan cuma desainnya yang berubah tapi mesinnya, fiturnya, semuanya berubah.

All New Nmax 155 ini mempunyai dua versi yakni Connected/ABS dan varian Standard. Nmax generasi terbaru ini juga hadir dengan mesin berteknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA).

Yang baru dari All New Nmax ini adalah dari sektor mesin, yakni fitur Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien pada saat motor sedang berhenti. Serta didukung Smart Motor Generator (SMG) yang membuat Yamaha berani klaim suara motor ini lebih halus saat dinyalakan dibanding model lamanya.  

Sementara untuk tenaganya, 11,3kW/8000rpm atau sekitar 15 daya kuda. Sedangkan torsinya 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. 

Selain itu fitur baru pada Nmax ini adalah adanya fitur Traction Control System. Yamaha menyebut sistem yang dirancang dapat mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Satu lagi, fitur baru Nmax menggunakan Smart Key System yang merupakan sistem kunci keyless (tanpa anak kunci). Selain itu, di Nmax dibekali Electric Power Socket untuk ngecharge handphone. 

Sedangkan untuk harganya dipatok seharga 30 jutaan. Belum ada harga resmi untuk pastinya berapa karena pihak Yamaha belum mengumumkan harga resminya. 

3. XSR 155

Terakhir, motor baru Yamaha yang cukup dinanti adalah motor gaya klasik XSR 155. Yamaha menyebut motor ini dengan sport heritage. Sebuah konsep perpaduan antara gaya klasik atau retro dengan modern.

Yang membuat motor ini terlihat klasik adalah dari lampu depannya yang didesain bundar, rangka belakangnya yang dibuat lebih datar, jok kulit, dan knalpotnya. 

Untuk bagian depan XSR 155 menggunakan suspensi depan upside down. Yang tak kalah klasiknya adalah jika melihat desain tanki bensinnya. Diketahui tanki bensin XSR 155 ini kapasitasnya 10,4 liter. Sementara di bagian bawah tanki radiorator tampak telanjang karena tanpa ditutupi shroud

Yamaha XSR 155 ini dikeluarkan dalam dua pilihan warna yakni silver dan hitam.  Itu juga yang membedakan produksi motor ini di Indonesia dan negara yang sudah memproduksi motor ini sebelumnya yakni Thailand. 

Kesan modern juga muncul dari lampu LED depan. Ditambah lampu detain running lights setengah lingkaran yang menambah kesan modern. Tidak hanya itu lampu belakang berikut lem juga sudah LED. Hanya lampu sign yang masih menggunakan lampu biasa. 

Sementara tombol-tombol yang disematkan dalam XSR 155 ini menyerupai MT 15. Di kiri ada saklar lampu jauh-dekat, passing lamp, tombol klakson dan sign. Sedangkan yang kanan ada switch berwarna merah dengan fungsi  ganda yakni engine kill dan starter.  

Tidak ketinggalan di bagian bawah juga ada bagian bodi sebagai pelindung mesin yang dibuat kompak sehingga jarak antara jalan dan mesin atau (ground clearance) cukup tinggi.

Tag: Otomotif