Huawei Adopsi Layar Lipat Samsung untuk Mate Xs
Huawei Mate X (Cnet)

Bagikan:

JAKARTA - Ponsel lipat kini tengah menjadi raja di pasar smartphone dunia. Setelah sebelumnya Samsung dan Motorola mulai memeriahkan pasar ponsel, kini disusul Huawei yang mulai mempersiapkan gawai layar lipat terbarunya. 

Melansir Gizchina, gawai yang dinamai Huawei Mate Xs dikabarkan bakal mengadopsi layar lipat yang digunakan oleh Samsung Galaxy Fold 2 dan Z Flip. Seperti namanya, Mate Xs akan menjadi produk yang sepenuhnya baru dan menjadi penerus dari Mate X.

Nantinya ponsel ini akan memiliki dimensi layar 7,3 inci ini, akan menjadi produk penyempurna dari Huawei Mate X. Ponsel layar lipat ini juga akan menggunakan chipset terbaru Kirin 990 HiSilicon, yang mendukung jaringan 5G.

Mate Xs mungkin secara mengejutkan akan memiliki harga yang lebih murah daripada Mate X. Harga terjangkau ini, berkat penggunaan layar OLED yang lebih dulu digunakan oleh Samsung. 

Rupa dari unit Mate Xs ini juga tidak akan jauh berbeda dengan seri pendahulunya. Meski begitu Huawei tidak akan merogoh kocek terlalu dalam untuk memasarkan produknya kali ini, sebab tidak perlu lagi melakukan riset lebih dalam

Menurut bocoran yang datang, Mate Xs telah melakuka beberapa penyesuaian dan peningkatan dari seri pendahulunya. Sektor engsel nya sekarang lebih stabil, layar lipat lebih kokoh, daya tahan lebih tinggi, dan yang paling mengejutkan adalah ponsel cerdas ini akan sedikit lebih kecil dari Mate X.

Selain Mate Xs, Huawei dikabarkan juga sedang mengerjakan smartphone layar lipat lainnya. Belum diketahui apakah Huawei bakal mencoba peruntungan dengan konsel clamshell seperti Galaxy Z Flip atau Motorola Razr. 

Meski punya deretan smartphone yang akan diluncurkan. Huawei memilih untuk melangsungkan konferensi pers dari produk mereka secara online. Mengingat epidemi COVID-19 baru-baru ini melanda China dan bagian lain dunia, banyak produsen ponsel sekarang memilih untuk konferensi peluncuran online.

Konferensi peluncuran online Huawei juga akan melihat beberapa ponsel teranyarnya yakni Huawei Mate Xs, Huawei MatePad Pro 5G dan Mate X Pro 2020. Tak hanya itu, Huawei pun bakal meluncurkan produk-produk seperti PC, tablet, dan Internet of Things (IoT).

Menyoal harga, pada 23 Oktober tahun lalu, Huawei Mate X dijual seharga 16999 yuan atau setara Rp33 jutaan. Sebagai informasi, perhelatan acara Huawei akan berlangsung secara online hari ini sekitar pukul 21.00 waktu setempat.