Tiga Nama yang Sering Dibicarakan di 2019: Jokowi, Prabowo dan Sandiaga

Tiga Nama yang Sering Dibicarakan di 2019: Jokowi, Prabowo dan Sandiaga

Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto berswafoto (Foto: Instagram @jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Sepanjang tahun 2019, ada tiga orang yang paling sering dibicarakan. Mereka adalah Joko Widodo, Prabowo Subianto, dan Sandiaga Uno.

Tiga orang ini bersaing dalam Pemilu 2019. Menjadi wajar ketiganya jadi sering diberitakan di media Indonesia.

Jokowi merupakan calon presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, PPP, Partai Hanura, PKPI, PSI, Partai Perindo dan PBB. Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin dan mendapatkan nomor urut 01.

Sedangkan Prabowo dan Sandiaga adalah pasangan yang menjadi rival Jokowi-Ma'ruf Amin. Pasangan nomor urut 02 ini didukung oleh Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PKS, dan Partai Berkarya.

Pemberitaan ketiga orang ini mulai meningkat dari bulan Januari dimana Debat pertama Capres dan Cawapres diselenggarakan KPU hingga Pilpres yang berlangsung di bulan Mei.

Selain itu, pemberitaan seputar pemerintahan menjadi yang paling dominan dalam pemberitaan di media daring disusul olahraga dan ekonomi.

"Muatan negatif lebih banyak daripada positif yakni 35 persen dibanding 32 persen," jelas peneliti lembaga media monitoring Netray, Winda Trilatifah, Selasa (31/12/2019).

Pada awal tahun, Debat Capres dan Cawapres serta penangkapan artis Vanessa Angel karena kasus prostitusi menghiasi media daring. 

Sementara isu bersih-bersih Menteri BUMN Erick Thohir dan SEA Games Manila menjadi topik pemberitaan paling ramai di penghujung tahun.

Infografik (dokumen Netray)

 

Tag: politik