Deschamps yang Ingin Zidane Menggantikannya di Timnas Prancis
Zinedine Zidane (Twitter @InfiniteMadrid)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih kepala tim nasional Prancis Didier Deschamps meyakini, bos Real Madrid Zinedine Zidane akan memimpin juara Piala Dunia 2018 dalam waktu dekat.

Zidane sedang menjalani periode kedua kepelatihan di Santiago Bernabeu setelah mundur pada Mei tahun lalu. Bersama Zizou, Los Blancos meraih gelar Liga Champions tiga kali beruntun.

Pria Prancis keturunan Aljazair yang juga memenangkan Piala Dunia 1998 sudah lama disebut-sebut bakal menggantikan Deschamps di masa depan. Deschamps memang bertahan di kursi pelatih Les Blues hingga Piala Dunia 2022, tapi pria 51 tahun itu tetap mendukung sahabatnya sebagai penerusnya. 

"Pelatih Prancis berikutnya adalah Zidane," Deschamps, yang melatih Tim Ayam Jantan sejak 2012, mengatakan kepada Le Monde, Jumat, 20 Desember.

"Pada satu titik atau yang lainnya, (posisi) ini harus (diberikan kepada) dia," lanjutnya.

Deschamps memperpanjang kontraknya hingga 2022 menyusul hasil memuaskan di Rusia tahun lalu. Prancis berhasil menggondol Piala Dunia keduanya setelah mengalahkan Kroasia di partai puncak.

Mantan pelatih Monaco, Juventus, dan Marseille juga memimpin Les Blues di final Piala Eropa 2016. Tapi dikalahkan tuan rumah Portugal 1-0 melalui gol Eder.

Mantan gelandang Juventus akan kembali memimpin timnya pada Piala Eropa 2020. Di ajang ini, Prancis berada di Grup F bersama Portugal, Jerman dan salah satu negara pemenang play-off.

"Ketika Anda seorang pelatih, tidak ada batas usia," ujar Deschamps. "Pada akhirnya, hasil yang menentukan Anda."