أنشرها:

JAKARTA - Dalam acara Apple Event 2024, Apple memperkenalkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, yang dilengkapi dengan Apple Intelligence, ukuran layar yang lebih besar, dan banyak lagi berkat chip A18 Pro.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan tersedia dalam empat varian warna, di antaranya adalah titanium hitam, titanium alami, titanium putih, dan titanium gurun.

“Didukung oleh chip A18 Pro yang lebih cepat dan lebih efisien serta dibuat untuk Apple Intelligence, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max adalah model iPhone tercanggih yang pernah kami buat,” kata Greg Joswiak, wakil presiden senior Pemasaran Seluruh Dunia Apple.

Jajaran ponsel baru ini menghadirkan layar yang lebih besar yakni 6,3 inci untuk iPhone 16 Pro dan 6,9 inci untuk iPhone 16 Pro Max, dengan layar Super Retina XDR yang menakjubkan dengan teknologi Always-On dan ProMotion. 

Didukung oleh A18 Pro, sistem kamera yang ditingkatkan untuk kedua ponsel ini memperkenalkan kamera Fusion 48MP baru dengan sensor quad-pixel dan Apple Camera Interface, yang membuka perekaman video 4K120 fps dalam Dolby Vision. 

Selain itu, kamera Ultra Wide 48MP baru juga dilengkapi sensor quad-pixel dengan autofokus, sehingga pengguna dapat mengambil gambar 48MP ProRAW dan HEIF beresolusi lebih tinggi. 

Sedangkan kamera Telefoto 5x yang kini hadir di iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memungkinkan pengguna untuk menangkap aksi dari jauh, apa pun model yang mereka pilih. 

Kedua model Pro ini dilengkapi empat mikrofon untuk merekam Audio Spasial untuk pendengaran yang mendalam dengan AirPods, Apple Vision Pro, atau sistem suara surround.

Jajaran iPhone 16 Pro juga didukung oleh teknologi Emergency SOS via satelit. Pesan via satelit di iOS 18 nantinya akan dienkripsi secara menyeluruh. Yang juga baru di iOS 18 adalah Emergency SOS Live Video, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi umpan video langsung atau foto dengan operator darurat selama panggilan darurat. 

Terakhir, untuk mencapai Apple 2030, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max memiliki lebih dari 25 persen konten daur ulang secara keseluruhan, termasuk 100 persen aluminium daur ulang pada rangka struktural internal dan 80 persen atau lebih baja daur ulang di beberapa komponen. 

Baterainya juga dibuat dengan 100 persen kobalt daur ulang dan, untuk pertama kalinya dalam sejarah iPhone, kedua ponsel ini dibuat dengan lebih dari 95 persen litium daur ulang.

Prapemesanan dimulai pada hari Jumat, 13 September, dan tersedia mulai hari Jumat, 20 September dengan penyimpanan 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB. iPhone 16 Pro mulai dari 999 dolar AS (Rp15,4 juta), dan iPhone 16 Pro Max mulai dari 1.199 dolar AS (Rp18,5 juta).


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)