أنشرها:

JAKARTA - Liverpool tengah on fire bersama manajer anyar Arne Slot. Saat menyongsong laga dengan jadwal yang berat, Liverpool optimistis memperpanjang rekor tak terkalahkan saat menjamu Chelsea di ajang Premier League Inggris di Stadion Anfield, Minggu, 20 Oktober 2024 malam WIB.

Transisi pergantian manajer Liverpool sepertinya berjalan mulus. Slot menunjukkan kinerja ciamik saat menggantikan Juergen Klopp. Lebih dari itu, Slot sukses memecahkan rekor sebagai manajer pertama Liverpool yang memenangkan sembilan dari 10 pertandingan pertama di berbagai berkompetisi.

Di kompetisi domestik, Liverpool pun berhasil menduduki puncak klasemen. Liverpool yang sudah mengumpulkan 18 poin sudah unggul satu poin dengan Manchester City dan Arsenal yang menempati peringkat dua dan tiga.

Dengan persainga yang ketat, Slot berharap pemain tidak lengah. Apalagi, mereka bakal melakoni laga berat dengan jadwal padat usai menjamu Chelsea.

Ya, Liverpool sudah harus melakoni laga tandang di Liga Champions melawan tim kuat Bundesliga Jerman RB Leipzig, Kamis, 24 Oktober 2024 dini hari WIB setelah menghadapi The Blues di kompetisi domestik. Selanjutnya, Liverpool melakoni big match melawan Arsenal dan menghadapi Brighton and Hove Albion di Carabao Cup.

Slot menuturkan tidak ada laga yang mudah di Liga Premier. Ini yang menjadikan The Reds harus mewaspadai Chelsea yang juga menunjukkan performa mengesankan dan kini bertengger di peringkat empat.

"Ini akan menjadi laga yang sangat sulit bila kita melihat posisi tim di klasemen. Menurut saya Manchester United (yang dikalahkan Liverpool 3-0), tetap merupakan tim yang bagus. Mereka merupakan klub papan atas Liga Inggris yang telah menghabiskan banyak uang untuk menjadikan tim lebih baik. Begitu pula Chelsea di musim ini," ucap Slot.

"Chelsea menunjukkan penampilan yang mengesankan. Mereka akan menjadi lawan terberat kami. Persoalannya memang tak sekadar posisi di liga tetapi bagaimana performa tim di pertandingan itu. Apakah mereka bisa menjalankan rancangan pertandingan dengan baik. Saat melawan Wolves [Wolverhampton Wanderers], kami mengalami kesulitan. Laga ini tentu menjadi tantangan," kata eks pelatih Feyenoord ini.

Di laga itu, Liverpool bisa tampil dengan kekuatan penuh. Hanya kiper Alisson Becker yang absen karena cedera hamstring. Posisinya kembali diambil alih kiper kedua Caoimhin Kelleher. Slot yakin kiper timnas Irlanda ini mampu menggantikan Alisson dengan sangat baik.

"Alisson jelas tetap kiper nomor satu. Dia kiper terbaik dunia. Jadi ini menjadi pukulan berat saat dia mengalami cedera. Namun penggantinya tidak kalah bagus. Caoimhin Kelleher sudah menunjukkan penampilan terbaik," ujarnya lagi.

Hanya saja, Slot tampaknya bakal merotasi pemain. Dia dihadapkan dengan problem kebugaran pemain yang baru saja memperkuat tim nasional di pertandingan UEFA Nations League dan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Slot kemungkinan mengistirahatkan Alexis Mac Allister dan Luis Diaz. Sementara, Mohamed Salah tetap menjadi pilihan pertama ketimbang Federico Chiesa meski sebelumnya memperkuat Mesir di kualifikasi Piala Afrika.

Sementara, Chelsea tetap menjadi ancaman serius The Pool. Manajer Enzo Maresca cukup berhasil membangun kembali The Blues sehingga bisa bertengger di posisi empat. Mereka pun tak terkalahkan sejak ditaklukkan Manchester City 2-0 di laga perdana kompetisi.

Seperti halnya Liverpool, Chelsea sesungguhnya melakoni laga dengan jadwal cukup berat. Usai meladeni Liverpool, Cole Palmer dkk bertemu tim elite Yunani, Panathinaikos, di Liga Champions. Selanjutnya, mereka dua kali bertemu Newcastle United di Liga Premier dan Carabao Cup.

Dalam duel di Anfield, Chelsea pun tetap diperhitungkan. Bila menang, mereka bisa naik peringkat sekaligus merapatkan jarak poin dengan Liverpool.

"Satu-satunya cara agar kami kian dekat [dengan pemuncak klasemen] adalah tetap fokus. Kami juga masih butuh perbaikan. Apalagi kami akan menghadapi empat laga yang tidak mudah," kata Maresca.

"Untuk pertandingan Minggu ini, kami berusaha melakukan yang terbaik dan berharap bisa meraih poin," ucapnya.

Chelsea kehilangan James Ward-Prowse yang mendapat kartu merah di laga melawan Nottingham Forest. Selain itu, Wesley Fofana dan Marc Cucurella terpaksa absen setelah mengantungi lima kartu kuning.

Namun striker Nicolas Jackson tetap menjadi starter. Dirinya ditopang Palmer, Chukwunonso Madueke dan Jadon Sancho yang kian mengilap setelah meninggalkan MU. Mereka tetap berpeluang mencuri poin di Anfield.

Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-2-3-1): Kelleher; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Jones, Gravenberch; Salah, Szoboszlai, Gakpo; Jota

Chelsea (4-2-3-1): Sanchez; Gusto, Disasi, Colwill, Veiga; Caicedo, Fernandez; Madueke, Palmer, Sancho; Jackson


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)