أنشرها:

JAKARTA - Jerman yang tampil dengan wajah baru menunjukkan performa maksimal dengan menghancurkan Hungaria 5-0 di pertandingan League A Grup 3 UEFA Nations Lague di Stadion Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Minggu, 8 September 2024 dini hari WIB.

Jerman tampil dengan wajah lebih fresh setelah kepergian para senior, termasuk kiper Manuel Neuer, yang pensiun. Pelatih Julian Nagelsmann memberi kesempatan kepada generasi anyar yang beberapa di antaranya memang sudah menjadi tulang punggung tim.

Nagelsmann juga menurunkan debutan Angelo Stiller yang masuk menggantikan Robert Andrich. Penampilan Stiller, pemain tengah Stuttgart ini pun tidak mengecewakan. 

Sektor tengah Jerman memang menjadi sorotan setelah kepergian Ilkay Gundogan dan Toni Kroos. Namun gelandang Pascal Gross mampu menghidupkan sektor tersebut dengan sangat baik.

Salah satu pemain senior di skuat Jerman ini bahu-membahu dengan baik bersama Andrich. Masuknya Aleksandar Pavlovic, bintang muda Bayern Munchen yang menggantikan Gross juga dan Stiller memberi harapan baru Jerman.

Dalam duel melawan Hungaria, tim asuhan Nagelsman sempat agak kesulitan membongkar pertahanan Hungaria. Dengan mengandalkan gelandang Liverpool Dominik Szoboszlai, Hungaria mampu mengimbangi Jerman sampai menjelang setengah jam pertama.

Pada menit 27, striker Niclas Fuellkrug yang ditempatkan sebagai ujung tombak sukses memecah kebuntuan. Dirinya menyambut assist dari Jamal Musiala yang menjadikan Jerman unggul 1-0.

Gol Fuellkrug langsung mencairkan ketegangan pemain Jerman. Mereka bermain lebih rileks dan mulai memberi tekanan secara efektif terhadap pertahanan lawan. Namun Jerman belum bisa menambah gol dan skor 1-0 bertahan sampai babak pertama usai.

Jerman mulai menggila di babak kedua. Permainan ofensif Die Mannschaft membuat pertahanan Hungaria berantakan. Upaya tim tamu hendak menyamakan skor akhirnya gagal sama sekali. Terbukti di menit 58, Musiala memperbesar keunggulan Jerman lewat sebuah serangan balik.

Selanjutnya, Musiala yang tengah mencapai puncak performa kembali berperan dalam proses terciptanya gol ketiga Jerman. Gelandang Bayern ini memberi assist yang dituntaskan dengan baik oleh Florian Wirtz di menit 66.

Gol Wirtz langsung memupus harapan Hungaria. Mental pemain langsung ambruk karena sudah kebobolan tiga kali.

Apalagi tak lama kemudian sepakan Kai Havertz nyaris memperbesar keunggulan Jerman. Namun upaya pemain depan Arsenal ini masih membentur tiang gawang.

Namun Pavlovic tidak gagal saat mendapat umpan dari Musiala yang terpilih sebagai Man of the Match ini. Plavovic yang masuk di menit 60 sukses menaklukkan kiper Peter Gulacsi di menit 77.

Havertz akhirnya mencatatkan nama di papan skor setelah memantapkan keunggulan tuan rumah di menit 81. Dirinya mencetak gol dari titik penalti. Skor berubah menjadi 5-0 dan bertahan sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)