أنشرها:

JAKARTA - Celta Vigo meraih poin sempurna pada dua laga pertama di kompetisi La Liga Spanyol. Dalam duel di kandang sendiri di Stadio Abanca-Balaídos, Vigo, Sabtu, 24 Agustus 2024 dini hari WIB, Celta memberi kekalahan kedua Valencia dengan skor 3-1.

Celta dan Valencia memetik hasil yang sangat bertolak belakang saat mengawali kompetisi. Celta yang tak memiliki pemain bintang menunjukan penampilan terbaik selama dua laga pertama.

Saat mengawali liga dengan bermain di kandang sendiri, mereka sukses menggulung Deportivo Alaves 2-1. Tren positif itu dipertahankan Celta saat menjamu Valencia.

Meski sempat kecolongan gol, namun mereka mampu bangkit untuk membalikkan keadaan dan kembali meraih tiga poin. Sukses itu mengukuhkan posisi Celta di puncak klasemen dengan poin enam. Celta mengunggul tiga tim lain, Barcelona, Rayo Vallecano dan Real Valladolid yang memetik kemenangan di laga pertama.

Sebaliknya, Valencia belum meraih poin setelah menelan kekalahan kedua. Pada laga pertama di kandang sendiri, Los Che dipaksa menyerah 2-1 saat menghadapi Barca. Mereka pun menduduki dasar klasemen setelah mengalami dua kekalahan berturut-turut

Di laga tersebut, Valencia sesungguhnya mengawalinya dengan baik. Mereka bermain ofensif dan unggul lebih dulu aat sundulan Diego Lopez membobol gawang tuan rumah di menit 14.

Gol yang menyambut assist Rafa Mir itu memang sempat ditinjau wasit lewat VAR. Namun Jose Munuera kemudian menyatakan tidak ada pelanggaran dan gol itu sah.

Hanya saja Valencia tak mampu mempertahankan keunggulan. Celta yang tertinggal 1-0 lebih dulu cepat bangkit. Di menit 23, bek Oscar Mingueza sukses menyamakan skor. Dirinya menuntaskan umpan silang striker Iago Aspas untuk membobol gawang lawan.

Gol itu langsung menaikkan adrenalin pemain Celta. Mereka kembali bermain menekan dan memaksa pasukan Ruben Baraja untuk memperkuat sektor pertahanan.

Namun hanya berselang lima menit, Celta sudah bisa berbalik unggul. Kali ini, Aspas yang menjadikan Celta unggul 2-1. Sedangkan Mingueza yang memberi assist kepada sang kapten.

Celta berpeluang menambah gol saat mendapat hadiah penalti menjelang akhir babak pertama. Gara-garanya pemain Valencia Hugo Duro meyentuh bola di area pertahanan sendiri sehingga wasit menunjuk titik putih.

Meski sempat meninjau insiden lewat VAR, wasit tetap pada keputusannya. Namun Aspas gagal memanfaatkan peluang itu. Kiper Giorgi Mamardashvil menunjukkan gerak yang tepat dan menggagalkan eksekusi Aspas. Skor 2-1 untuk Celta pun bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Celta tetap bermain menyerang. Serangan tim asuhan Claudio Giraldez pun membuahkan hasil memuaskan. Pada menit 60, gelandang Fran Beltran sukses memantapkan keunggulan tuan rumah.

Skor berubah menjadi 3-1 untuk Celta. Selanjutnya, tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim. Celta pun sukses mengungguli Valencia.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)