أنشرها:

JAKARTA - Perancis menghadapi gangguan yang tak bisa dianggap enteng menjelang laga pertama Grup D melawan Austria di Euro 2024. Kapten Kylian Mbappe mengalami cedera sehingga harus menepi dan tidak ikut latihan. Sementara pemain lain terserang virus.

Mbappe bermasalah pada bagian lutut usai uji coba terakhir melawan Kanada yang berakhir imbang 0-0. Di laga itu, Mbappe hanya turun selama 15 menit. Dia menggantikan Ousmane Dembele dan kemudian mengalami cedera.

Hanya cedera pemain depan yang kini bermain untuk Real Madrid setelah meninggalkan Paris Saint-Germain ini memang termasuk ringan. Dirinya tak perlu menjalani perawatan khusus dan cukup menepi untuk sementara waktu.

Pada latihan timnas yang disaksikan tidak kurang 4.000 fans Perancis di Paderborn, Kamis, 13 Juni 2024 lalu, Mbappe masih belum bisa mengikuti latihan.

Pemain berusia 25 ini berlatih sendirian di gym. Meski demikian, Mbappe masih bisa menyambut fans dan menerima tawaran berfoto bersama.

"Kylian mengalami cedera ringan di laga terakhir, Rabu [waktu setempat] lalu. Dia juga absen latihan," kata Deschamps.

"Ada bagian lutut yang memar. Dia hanya perlu menjalani perawatan saja. Kondisinya pun sudah membaik," ujarnya.

Deschamps memastikan Mbappe tetap bisa tampil di laga pertama Les Bleus di Stadion Dusseldorf Arena, Dusseldorf, Selasa, 18 Juni 2024 dini hari WIB.

"Tak masalah bila dia ingin diturunkan di laga pertama. Tidak ada risiko yang perlu dikhawatirkan," kata dia lagi.

Perancis tidak hanya menghadapi problem Mbappe yang menjalani proses pemulihan. Sebagian pemain, di antaranya Kingsley Coman dan Dembele, terserang virus. Bahkan Deschamps pun sempat kena virus.

Akibatnya, para pemain tidak mengikuti latihan. Hanya kondisi mereka sudah membaik.

Meski demikian para pemain yang baru sembuh harus berpacu dengan waktu agar mereka bisa mencapai kondisi terbaik sebelum menghadapi Austria.

"Saya terserang flu pekan lalu. Saya mungkin jadi yang pertama yang mendapatkan flu. Tetapi saya sudah lebih baik sekarang ini," kata Dembele.

"Kondisi tim juga membaik. Semua pemain dipastikan sudah pulih dalam beberapa hari ke depan," ucap pemain depan PSG ini.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)